Menu
Informasi Berita, Menarik dan Terhangat

SOSIALISASI DAN PENYULUHAN TIM KKN DESA CIKALONGSARI

  • Bagikan

“Edukasi Pengembangan UMKM Berbasis Digital Sebagai Inovasi Mewujudkan Masyarakat Mandiri”

Baskomnews – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang 2022 resmi di buka pada Jum’at, 1 Juli 2022. Pembukaan KKN ini dihadiri oleh Bupati Karawang Hj Cellica Nurrachadiana. KKN 2022 diikuti oleh Mahasiswa dari berbagai program studi di UBP Karawang yang dilaksanakan pada 84 Desa di 16 kecamatan yang berada di kabupaten Karawang.

Mahasiswa KKN UBP Karawang menggelar sosialisasi Perizinan Usaha, Sistem Informasi, Tata kelolah keuangan, proses produksi kepada para Pelaku UMKM di Aula Balai Desa Cikalongsari Kecamatan Jatisari pada Sabtu, 23 Juli 2022 di minggu ke-3 Mahasiswa KKN yang dikoordinasikan oleh Imam Sofii Toha selaku koordinator Desa Cikalongsari beserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Sari Marliani, Dra., MM., bersama-sama melakukan sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk Program Kerja (Proker) pada minggu ketiga pelaksanaan KKN di Desa Cikalongsari. Kegiatan sosialisasi ini dirasa sangat penting karena, dari hasil survei kepada berbagai macam pelaku UMKM di Desa Cikalongsari pada minggu sebelumnya, rata-rata dari pelaku UMKM belum memiliki izin usaha dan Tata kelolah UMKM sesuai dengan peraturan yang ada saat ini.

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh Bapak H. Agus Jaelani, S.H., M.Si. selaku Kabid PUM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang dalam kesempatan ini beliau menyampaikan pentingnya lagalitas UMKM dalam menjalankan usahanya untuk mendapatkan perlindungan dan kepastian hukum atas produk yang dibuatnya, mendorong pelaku usaha UMKM agar segera membuat perijinannya, dan meminta kepada mahasiswa yang KKN ini untuk bisa membantunya dalam proses pembuatan perijinan, membuat account sosial media untuk proses pemasarannya dan lainya yang bisa dibantu oleh para mahasiswa/wi yang sedang KKN ini. Ya

Selain legalitas perijinan ditempuh, Bapak H. Agus Jaelani, S.H., M.Si. juga menyampaikan mohon kemasan di percantik, untuk mempercantiknyabisa pesan sesuai keinginan dan untuk berat (gram) nya disesuaikan, bungkus kemasan bisa dilihat di google atau khusus kemasan bisa datang ke tempat pemesanan kemasan salah satu contoh “Kemasan Mas Bagus” yang ada di Bandung atau ditempat pemesanan kemasan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir dengan antusias Perangkat Desa Cikalongsari, Ketua PKK, pelaku UMKM beserta masyarakat setempat. Setelah kegiatan sosialisasi selesai, Kepala Urusan Pemerintahan Desa Cikalongsari Bapak Ading sangat berterima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa UBP Karawang.
“Banyak pelaku UMKM yang ada di Desa Cikalongsari, tetapi rata-rata belum memiliki legalitas dalam hal label dan izin.

Untuk itu saya sebagai perwakilan pemerintahan Desa Cikalongsari sangat berterima kasih dengan adanya Kegiatan KKN UBP Karawang memberikan sosialisasi Perizinan Usaha, Sistem Informasi, Tata kelolah keuangan, proses produksi terhadap pelaku UMKM dan diharapkan bisa membawa dampak terhadap masyarakat Desa Cikalongsari terutama di sektor UMKM bisa dikenal luas di Karawang bahkan di luar daerah,” kata Bapak Ading.

 

(Dokumentasi Bersama DinKop, Pemerintahan Desa dan Ketua PKK)

Kemudian, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Desa Cikalongsari, Ibu Sari Marliani, Dra., MM., mengucapkan rasa syukur kepada Kepala Desa beserta masyarakat Desa Cikalongsari yang telah menyambut Mahasiswa KKN UBP Karawang dengan baik.

“Alhamdulillah, tentu kami sebagai pembimbing lapangan KKN di Desa Cikalongsari Kecamatan Jatisari sangat berterima kasih sekali kepada pemerintah Desa Cikalongsari yang begitu antusias menerima kehadiran kami dan Mahasiswa/i UBP Karawang yang berjumlah 18 orang untuk melaksanakan KKN di desa ini.

“Semoga ini menjadi first spirit untuk memotivasi kami selama kegiatan KKN ini, yang selanjutnya kami akan menggali potensi desa dengan semaksimal mungkin terutama pada Produk UMKM,” kata Ibu Sari.

Adapun tema KKN UBP Karawang Tahun ini adalah Inovasi dan Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat Mandiri.
Tujuan sosialisasi di KKN ini Mahasiswa diharapkan bisa belajar di kuliah Nyata (yang sebenarnya) yang mungkin dalam bangku kuliah belum begitu maksimal maka dalam KKN ini Mahasiswa dipaksakan belajar bagaimana cara bermasyarakat, bagaimana menumbuhkan sikap empati dan peduli sesama.Dan dari KKN ini Mahasiswa juga belajar menjadi bagian dari Problem solver bagi berbagai macam masalah pembangunan masyarakat, dan menggali potensi UMKM masyarakat yang ada di Desa Cikalongsari dan melakukan pendampingan secara komperhensif sehingga menghasilkan inovasi dan digitalisasi pada UMKM yang ada sebagaimana tema dari KKN Tahun 2022 ini.

Penulis: RedEditor: Roby
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *