Bentuk nyata Program Kepedulian Sumber Daya Masyarakat, KIIC Bersama Tenant Association Salurkan Beasiswa dan Komputer

  • Bagikan

KARAWANG, BASKOMNEWS – Sebagai salah satu upaya kepedulian terhadap masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan, KIIC bekerjasama dengan Tenant Association  memberikan bantuan beasiswa untuk siswa-siswi SMP sederajat dan SMA/SMK sederajat, yang berasal dari 7 desa sekitar Kawasan Industri KIIC, dilanjutkan dengan pemberian 7 unit komputer di SD Negeri Margamulya IV, Desa Margamulya.

Serah terima beasiswa secara dilakukan secara simbolis dan diberikan kepada perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA/SMK yang langsung diserahkan oleh Presiden Direktur KIIC Mr. Makoto Yamaguchi serta perwakilan dari Tenant Association, Mr. Yasunari Ohara didampingi oleh orang tua/wali, Kepala Sekolah serta Kepala Desa . Acara serah terima beasiswa tersebut dilaksanakan di SMAN 2 Teluk Jambe, pada hari Kamis (02/12/2021).

Pemberian beasiswa pendidikan itu merupakan bagian dari kegiatan CSR program Kepedulian Sumber Daya Masyarakat yang telah dimulai tahun 2000 dan diberikan setiap tahun. Tahun ini, beasiswa KIIC diberikan kepada 280 siswa-siswi SMP dan SMA/SMK yang terdiri dari 140 siswa SMP dan 140 siswa SMA/SMK, sedangkan untuk full covered Beasiswa Tenant Association diberikan kepada 59 siswa SMA/SMK. Siswa yang memperoleh beasiswa adalah siswa-siswi yang berprestasi di sekolah dan berasal dari keluarga yang kondisi ekonominya kurang di 7 desa sekitar KIIC, yaitu Margamulya, Margakaya, Wadas, Sukaluyu, Sirnabaya, Peseurjaya, dan Parung Mulya.

“KIIC memberikan beasiswa kepada 140 siswa SMP dan 140 siswa SMA/SMK yang berprestasi dengan kondisi ekonomi kurang”, ucap Yamaguchi dalam sambutannya. Selanjutnya, perwakilan dari Tenant Association, Yasunari Ohara menyampaikan Tenant Assosiation yang beranggotakan 127 perusahaan memberikan beasiswa kepada 59 siswa dan diharapkan dapat membantu para siswa penerima berprestasi dan memiliki masa depan yang lebih baik.

Dalam sambutannya President Director KIIC, Makoto Yamaguchi  menyampaikan bahwa selain komitmen terhadap dunia pendidikan, KIIC juga memiliki komitmen terhadap masyarakat sekitar, hal ini terlihat dengan adanya program-program CSR yang diantaranya sebagai berikut :

1.      Program Kepedulian Kesehatan Masyarakat dengan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk rata-rata 3.594 balita/ bulan melalui Posyandu di 7 desa, penyemprotan nyamuk DBD, kader Jumantik, donor darah, Pemberian Makanan Tambahan Pemilihan (PMTP) untuk penderita gizi buruk rata-rata 37 anak/bulan.
2.      Program Kepedulian Ekonomi Masyarakat melalui program pelatihan pertanian dan kewirausahaan bagi masyarakat desa seperti kantin, penjahit, kebersihan kawasan dan keamanan kawasan.
3.      Program Kepedulian Sosial dan Kemasyarakatan seperti renovasi dan konstruksi fasilitas umum serta partisipasi untuk kegiatan keagamaan, olahraga dan kesenian di desa.
4.      Program Pelatihan Bidang Pertanian dan Pelestarian Lingkungan melalui Program CSR bersama antara KIIC dan Tenant  yang ada di dalamnya. telaga desa merupakan tempat penelitian dan pendidikan, atau pelatihan kepedulian di bidang pertanian, serta merupakan tempat pelestarian lingkungan seperti tanaman langka dan eko wisata. Dan pada hari Rabu  tanggal 24 November 2021 kemarin, Taman Kehati telaga desa – KIIC telah mendapatkan penghargaan Anugerah Hari Konservasi Alam Nasional sebagai Taman Kehati Eksitu terbaik Tahun 2021. Semoga dengan Anugerah Penghargaan Konservasi Alam bisa memberikan manfaat untuk kita semua dan dapat menjadi alternatif solusi bagi masyarakat  industri yang lain.

Sementara Kadib Disdikpora Karawang Dra H. Yani menyampaikan bahwa KIIC dan Tenant Association telah memberikan contoh teladan yang baik berupa beasiswa dan berbagi dengan sesama untuk meningkatkan kualitas hingga terus berkembang.

“Semoga adanya program beasiswa berkesinambungan yang memberikan beasiswa tepat waktu tepat sasaran tepat sasaran shg diharapkan siswa meningkatkan kualitas belajarnya,”ucap Yani.

Serah Terima diwakili 7 siswa dan siswi dari 7 desa sekitar KIIC, terdiri dari 2 siswa SMP dan 3 siswa SMA untuk beasiswa KIIC, sedangkan beasiswa Tenant Assosiation diwakili oleh 2 siswa SMA. Sebut saja Andika Rahmat Febrian dari SMA Negeri 2 Teluk Jambe Timur mengaku “Saya bersyukur mendapatkan beasiswa dapat digunakan untuk membeli perlengkapan dan kebutuhan sekolah”. Dan Andika pun berharap adanya beasiswa KIIC menjadi beasiswa unggulan di karawang.

Lalu, perwakilan kepala sekolah, diwakili, H Asep Mulyana, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Teluk Jambe Timur menyampaikan terima kasih kepada KIIC dan Tenant Association “Adanya Beasiswa sangat bermanfaat dan dapat membantu meringankan biaya pendidikan sehingga mendorong siswa dapat belajar dan berprestasi lebih baik” kata Asep. Dirinya pun berharap kedepannya bantuan sarana prasarana sekolah.

 

Selain memberikan beasiswa, KIIC juga memberikan bantuan 7 unit komputer untuk SD Negeri Margamulya IV, yang terletak di Dusun Kiara Jaya, Desa Margamulya. Bantuan tersebut diserahterimakan setelah acara serah terima beasiswa, oleh Bambang Sugeng, Division Head External Relation kepada Kepala Sekolah didampingi Kepala Dusun Kiara Jaya.

Penulis: Wahyu MulyandaruEditor: Roby Suhendar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *