“KIIC Lakukan Perluasan, Demi Mendukung Investasi Nasional”

  • Bagikan

Karawang,Baskomnews – Karawang International Industrial City (KIIC) adalah kawasan industri terbesar dengan luas 1500 hektare yang terletak di Karawang Barat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah menjadi Obyek Vital Nasional. Berdiri sejak tahun 1993 melalui joint venture antara Sinar Mas Land dengan ITOCHU Corp, KIIC telah mendapatkan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Sistem Manajemen lingkungan ISO 14001, dan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja ISO 45001.

Oleh Karenannya, pada tahun 2013 KIIC mendapatkan penghargaan sebagai Kawasan Industri Terbaik (The Best Industrial Estate) dan Kawasan Industri dengan Kinerja Terbaik dalam Manajemen dan Pelayanan (The Best Performance in Management  and Services).

Sejalan dengan program pemerintah untuk menarik investasi dan meningkatkan daya saing industri, KIIC melakukan perluasan kawasan seluas 105 hektar. Dalam acara Ground Breaking Ceremony pembukaan lahan baru tersebut diadakan hari selasa (12/10/21) dibuka dan dihadiri oleh Bupati Karawang dr. Celicca Nurachadiana didamping Wakil Bupati H. Aep Syaepuloh, Sekda Karawang H Acep Jamhuri,  Presiden Direktur KIIC Makoto Yamaguchi, Direktur KIIC Sanny Iskandar, perwakilan ITOCHU Corporation Koichi Yano, perwakilan Sinar Mas Land Honky J Nantung, serta dihadiri sekitar 50 tamu undangan Pelaksanaan Ground Breaking Ceremony tersebut diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.
Dalam sambutannya Director KIIC merangkap Ketua Himpunan Kawasan Industri, Sanny Iskandar menyampaikan perluasan KIIC berdasarkan permintaan akan lahan industri juga cukup tinggi terutama industri transformasi digital seperti data center, electric vehicle, komponen pendukungnya, industri rantai pasok bagi e-commerce, dan sebagainya.

“Melalui perluasan lahan 105 hektare ini adalah momentum tepat menangkap permintaan tersebut, sehingga di tahun 2022 KIIC optimis mampu mencapai target penjualan sebesar kurang lebih Rp750 miliar, kata Sanny.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menuturkan perluasan tersebut menandakan bahwa Karawang masih menjadi daya tarik investasi terbaik di Indonesia. “Walaupun banyak yang sedang mengembangkan kawasan industri di wilayah lainnya, tapi yakinlah Karawang tetap menjadi yang terbaik dan terbuka untuk pengelolaan kawasan industri,” ucapnya.Lebih lanjut, Cellica menuturkan bahwa KIIC telah menjadi salah satu pusat perkembangan industrialisasi terbaik di Karawang. “Hampir kurang lebih ada 60.000-an pabrik di Karawang, yang terbaik ada di KIIC,” tuturnya.

KIIC optimis dengan perluasan tersebut dapat menarik investor baik di dalam maupun luar negeri, sehingga ada implikasinya kepada masyarakat di Karawang serta menjadikan KIIC sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus yang diproyeksikan menguatkan kembali perekonomian Indonesia seiring pemulihan dari pandemi COVID 19. (why)

Penulis: Wahyu MulyandaruEditor: Roby Suhendar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *