HASIL DARI KKN DESA KARYABHAKTI

  • Bagikan

BASKOMNEWS – Dengan terlaksanannya KKN dari universitas buana perjuangan karawang yang telah berjalan dari tanggal 1 juli 2021 sampai 01 agustus 2021 secara hybrid atau daring. Dengan tema ‘’Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Dimasa New Normal”.

 

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa yaitu melengkapi profil desa, membuat peta desa, dan menginput data di aplikasi PRODESKEL. Dari segi perekonomian masyarakat mahasiswa KKN menyasar ke UMKM-UMKM kecil seperti umkm pembuatan kerajinan bonsai kelapa dan penetasan itik.


Satu bulan Mahasiswa menjalani kegiatan kkn di desa karyabhakti kecamatan batujaya, dan menemukan beberapa permasalahan, seperti profil desa yang belum lengkap, peta desa yang salah atau kurang sesuai dengan batas wilayah desa tersebut, dan juga penginputan data kartu keluarga (KK) di aplikasi Prodeskel yang belum terinput semua, kemudian temuan masalah yang didapatkan dari dua umkm yang disasar yaitu bonsai kelapa dan peternakan itik, rupanya masih banyak yang harus di rapihkan, seperti pemilik bonsai Kelapa yang menginginkan bantuan untuk mempromosikan usahanya dan seperti Peternakan Itik yang membutuhkan alat untuk penetasan itik.

Setelah melakukan pertimbangan atas permasalahan diatas maka para Mahasiswa memberikan bantuan untuk merapihkan tempat UMKM tersebut, seperti bonsai kelompok mahasiswa memberikan rak lemari pajangan untuk menyimpan Bonsai Kelapa, selain memberikan rak lemari pajangan Mahasiswa juga memberikan alat untuk menghasilkan batok kelapa, dan juga membuatkan akun shopee untuk mempromosikan jualan dari pemilik Bonsai Kelapa tersebut.

Untuk Peternakan Itik sendiri Mahasiswa menyumbangkan sebuah alat penetasan telur, juga memberikan sebuah kenang-kenangan seperti memberikan banner untuk dua umkm tersebut.

 

Dan tidak lupa pula untuk Desa karyabhakti pihak Mahasiswa memberikan 15 box masker dan 5 liter handsanitizer, Untuk bagian operator sendiri Mahasiswa membantunya dalam pembuatan peta desa karyabhakti dan juga membantunya dalam mengisi Prodeskel.
Tanggapan desa karyabhakti sendiri dalam menerima pemberian dari kelompok KKN kami sangatlah baik. Pihak Desa sangat senang karena mendapatkan bantuan itu semua.

“kami sangat senang dan terbantu dari  segi hal apapun di mulai dari bantuan Prodeskel dan juga UMKM desa kami, terimakasih banyak untuk anak-anak KKN Universitas Buana perjuangan karawang ,ucap Muhlis selaku pegawai Desa.

 

selain itu bahwasannya pihak Desa sangat bersyukur dan berterimakasih atas pemberian bantuan dari pihak Mahasiswa KKN, “kami janji akan menjaga dengan baik pemberian dari Mahasiswa KKN”,ujar Muhlis.

 

Tentunya hal itu sangat diterima oleh kelompok Mahasiswa, Mahasiswa sendiri berharap sedikit pemberian ini bisa bermanfaat, dan menambah semangat masyarakat untuk mengembangkan potensi Desa Karyabhakti.

Penulis: MhsEditor: Roby
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *