Puluhan Warga Desa Kutamekar Dilarikan Kerumah Sakit Akibat Keracunan Gas Caustic Soda

  • Bagikan

Karawang, BASKOMNEWS – Telah terjadi kebocoran gas caustic soda diduga milik PT.Pindo deli 2 di Kp.Cigempol Desa Kutamekar. Sekitar 80 warga mengalami sesak napas akibat kebocoran gas itu. Sebanyak 33 orang di antaranya dilarikan ke rumah sakit.

“Dan terulang lagi kasus kebocoran caustic soda ini,kami berharap jangan sampai ada korban jiwa,” ungkap Egi Ketua GMBI korwil Ciampel.

Egi menyebutkan pihak kepolisian langsung menyelidiki kasus ini. Pabrik caustic soda itu pun kini di tutup sementara.

“Aktifitas PT harus di hentikan dahulu demi keselamatan warga,dan kami berharap kepada pihak PT untuk segera menyelesaikan masalah ini” ujarnya.

Dengan terjadinya kasus ini, pihak Desa langsung menggelar mediasi yang di hadiri, Muspida yang di wakili oleh Wakil Bupati,Muspika Kecamatan,dan perwakilan LSM.

“Saya kecewa karena hasil musyawarah tidak menepati perjanjian awal, Sebenarnya sudah ada perjanjian sebelumnya bahwa apabila terjadi kebocoran lagi warga meminta aktifitas PT di tutup total,tapi malah di buatkan kesepakatan baru lagi dengan alasan pergantian Kepala Desa sebelumnya. Tegas Egi.

Sekretaris Desa Kutamekar Dayat Daryana membenarkan, keracunan yang diduga dari bocornya gas caustic soda. Gas itu bocor sekitar pukul 10.30 WIB.

Kejadian itu, kata Dayat, berlangsung sangat cepat lantaran saat itu angin bertiup kencang. Warga pun terlambat mengamankan diri. Bau gas itu, kata dia, lebih tajam dari bau cairan pemutih pakaian.

“Sementara dari dua RT yang terdampak, yakni RT 001 dan RT 002,” ujar Dayat.

Berdasarkan data sementara, kata Dayat, 29 warga yang dirawat di Rumah Sakit Rosela,1 orang di Rumah sakit Primaya dan 3 orang di Rumah Sakit Delima Asih. Selain itu juga terdapat puluhan warga yang ditangani di Puskesmas dan Kantor Desa Kutamekar.

“Petugas kami masih melakukan pendataan,” tutup Dayat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *