Hitungan Cepat PKS, Cellica-Aep Peroleh 679.898 Suara

  • Bagikan

BaskomNews.com – DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Karawang sebagai salah satu partai pengusung pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Karawang nomor urut 2 Cellica-Aep menggelar Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilukada berdasarkan saksi dan data center PKS Karawang dari 4.451 TPS yang tersebar di Kabupaten Karawang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Resinda sebagai pusat data center DPD PKS Karawang.

Ketua DPD PKS Karawang, Dedi Sudrajat menjelaskan, bahwa hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh pihaknya tidak bermaksud untuk mendahului hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU Karawang sebagai penyelenggara Pilkada Karawang. Namun demikian data yang dimiliki PKS Karawang dapat dijadikan data pembanding oleh berbagai pihak yang berkepentingan dalam hal perolehan suara hitung cepat sementaranya.

“Alhamdulillah, pada pukul 22.00 WIB kami sampaikan bahwa dari DPT sebanyak 1,6 Juta pemilih, terdapat surat suara tidak terpakai sebanyak 513.691 dan surat suara tidak sah sebanyak 31.075,” ungkapnya kepada awak media saat menggelar konferensi pers di Resinda Hotel, Rabu (09/12/2020) malam.

Informasi yang berhasil di himpun redaksi BaskomNews.com dari pusat data center PKS Karawang, dari 309 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Karawang, Paslon nomor urut 02 menang telak di 296 desa dan kelurahan. Sementara 12 desa dan kelurahannya lainnya berhasil di menangkan oleh Paslon nomor urut 03, sedangkan Paslon nomor urut 01 yang kerap di juluki Paslon kuda hitam pada Pilkada Karawang kali ini, hanya memenangkan satu desa atau kelurahan yang tersebar di Kabupaten Karawang.

Selain itu perolehan penghitungan sementara berdasarkan data yang dihimpun dari DPD PKS Karawang, paslon nomor urut 01 (Yessi-Adly) mendapatkan perolehan suara sebanyak 129.609 suara atau sebanyak 11.4 persen.

“Suara yang didapat oleh Paslon kami yakni Paslon nomor urut 02 (Cellica-Aep) sebanyak 679.898 atau 60.0 persen suara. Dan terakhir, perolehan suara pada Paslon nomor urut 03 (Jimmy-Yusni) yakni sebanyak 323.476 atau 28.6 persen suara yang diperoleh dari 4.429 TPS dari 4451 TPS atau 99.5 persen,” terangnya.

Tidak seperti pada Pilkada sebelumnya, kini PKS melakukan penghitungan surat suara yang diperoleh dari setiap saksi yang bertugas di setiap TPS secara terbuka dan diumumkan setiap pergerakan angka rekapitulasinya secara langsung melalui kanal Youtube PKS Karawang.

Disinggung terkait soal akurasi dan mekanisme pengumpulan data suara tersebut, Dedi Sudrajat melalui tim olah datanya menyampaikan bahwa data pada “Real Count” PKS tersebut adalah berdasarkan data C1 yang telah didapat oleh saksi-saksi PKS di seluruh TPS yang disebutkan.

“Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa data didapat dari para saksi PKS melalui sistem yang telah kami buat secara realtime,” ungkapnya lagi.

Masih di tempat yang sama, Calon Wakil Bupati Nomor Urut 02, H. Aep Saepuloh menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada PKS Karawang yang telah semaksimal mungkin berjuang dalam Pilkada Karawang 2020.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan terlibat. Tim Gabungan partai pengusung, relawan, dan semua pihak yang tidak mungkin bisa saya sebutkan satu persatu, terutama masyarakat Karawang yang telah menitipkan suaranya kepada kami,” tuturnya.

Aep juga menyebutkan, data hasil perhitungan cepat lainnya yang di lihat oleh pihaknya di sejumlah televisi dan media lainnya, hampir sama dan mendekati angka yang di realese oleh PKS.

“Mudah-mudahan data yang kita realese hari ini adalah data yang mendekati hasil penghitungan suara resmi KPU nanti, dan kita berharap pasca Pilkada ini Karawang tetap kondusif dan menjaga perdamaian dan saling menguatkan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam rekapitulasi penghitungan cepat suara Pilkada Karawang, PKS Karawang menggandeng STAR Institute sebagai Lembaga Independent yang membantu mensupport proses rekapitulasi dengan sumber daya yang dimiliki oleh STAR Institute. (CR1)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *