Desak RUU Pesantren Segera Disahkan

  • Bagikan
Yusup Sunandang S.Pdi.

ADA beberapa poin penting dalam RUU Pesantren, diantaranya : Pertama, RUU ini merupakan tindakan rekognisi, afirmasi dan fasilitasi negara terhadap pesantren. Kedua, UU harus menjamin kekhasan pesantren terjaga. Demikian pula independensi dan otonomi pesantren, tidak boleh ada intervensi dari negara terhadap pesantren.

Ketiga, Pesantren memiliki tiga fungsi : pertama pengajaran, kedua dakwah dan ketiga pemberdayaan masyarakat. Keempt, untuk pendidikan, semua jenis pendidikan yang diselenggarakan pesantren diakui oleh negara. Kelima, untuk menjaga mutu sekaligus kekhasan pendidikan pesantren, maka ada Dewan Masyayikh (DM) di tingkat pesantren dan Majelis Masyayikh (MM) di tingkat nasional.

DM yang melaksanakan ujian dan memberi syahadah (ijazah). MM merumuskan kurikulum, referensi kitab dan kompetensi seorang ustadz. DM dipersilakan untuk mengambil keseluruhan atau sebagiannya di masing-masing pesantren.

Keenam, fungsi dakwah menempatkan pesantren sebagai subjek aktif yang mendorong Indonesia sebagai rujukan Islam moderat dunia. Ketujuh, fungsi pemberdayaan menempatkan pesantren sebagai akselerator pemberdayaan dan penguatan ekonomi pesantren dan masyarakat.

Ke depalan, pemerintah di tingkat pusat dan daerah harus memfasilitasi pendanaan bagi pesantren agar dapat menjalankan tiga fungsi tersebut secara optimal. Ke Sembilan, ada dana abadi pesantren yang secara khusus diambilkan dari dana abadi pendidikan.

Semoga adanya RUU Pesantren ini sesuai dengan cita-cita negara mengakui (rekognisi) pesantren dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menjaga Indonesia sudah sesuai dengan kebutuhan pesantren, serta menghormati keberagamaan pesantren. Jangan sampai UU Pesantren mengintervensi fungsi pesantren dalam pengajaran, dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Oleh karenanya, di masa periode terakhir 2014-2019, DPR RI harus segera mengesahkan RUU pesantren menjadi UU pesantren. Kami PC RMI NU Karawang (Pengurus Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdatul Ulama) dan pondok pesantren yang ada di Karawang mendukung dan mendesak agar DPR RI untuk mengesahkan dan memperjuangkan UU pesantren di parlemen.***

 

Penulis :

Yusup Sunandang S.Pdi

Sekretaris PC RMI NU Karawang

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *