KIIC bersama Unsika Menanam Bakau di Cilamaya

  • Bagikan

KARAWANG,BASKOMNEWS – Dalam menjalankan bisnisnya sebagai pengelola KIIC, PT Maligi Permata Industrial sangat mendukung kegiatan pelestarian lingkungan. Program kepedulian lingkungan menjadi salah satu program CSR yang dilakukan oleh KIIC dan tenant asosiasi.

Bersama dengan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di kawasan hutan mangrove di daerah Tangkolak Cilamaya Wetan (19/09/2021).
Kegiatan tersebut dalam rangka Dies Natalis Fakultas Pertanian Unsika ke 37 dengan mengambil tema Bersama Selamatkan Hutan Mangrove Demi Menyelamatkan Tempat Berpijak.

“KIIC sangat mendukung kegiatan pelestarian lingkungan seperti kegiatan menanam mangrove, karena menjadi salah satu program CSR selain kepedulian di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial kemasyarakatan”, ucap Wahyu Mulyandaru, mewakili KIIC.

Selanjutnya, dikatakan bahwa hutan mangrove sangat bermanfaat bagi lingkungan dan ekosistem.
Disamping untuk mencegah erosi dan pemanasan global, juga dapat menjadikan habitat udang, kepiting, dan ikan. Selain itu apabila dikelola dengan baik dapat dijadikan kawasan wisata, sehingga perekonomian masyarakat sekitar menjadi meningkat dan lebih baik.

Di Kawasan KIIC telah berdiri taman keanekaragaman hayati Telaga Desa yang menjadi tempat pelatihan agribisnis dan budidaya ikan lele bagi masyarakat, sekaligus tempat pelestarian dan pembibitan tanaman langka Indonesia yang membantu pelestarian lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon.

Sementara, ketua pelaksana, Thasya Nanda Safya, menyampaikan kegiatan ini lebih berfokus pada aspek sosial yang mengedepankan kepedulian terhadap alam khususnya hutan mangrove.

“Saat ini Fakultas Pertanian ingin mewujudkan pengaplikasian kreativitas dan pengembangan skill mahasiswa dengan tetap mempertahankan ciri khas pertanian yang cenderung lebih sering turun langsung ke alam dan target kali ini adalah hutan mangrove di Dusun Tangkolak”, ucap Thasya.

“Semoga kegiatan semacam ini juga dapat dilakukan berkesinambungan, baik oleh Pemda/Perusahaan-perusahaan melalui kegiatan CSR/Organisasi pemerhati lingkungan dan kampus yang lainnya” Tutup wahyu.

Penulis: Wahyu MulyandaruEditor: Roby Suhendar
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *