Potensi Bisnis Ditengah Pandemi

  • Bagikan

BASKONNEWS – Pandemi Covid-19 sangat berdampak buruk terhadap kehidupan ekonomi masyarakat, termasuk sektor Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM). Pembinaan UMKM menjadi salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang yang dilakukan secara online karena adanya PPKM.

KKN online ini mengangkat tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal” dimulai tanggal 01/07/2021. Diva Puspitasari, salah satu mahasiswa KKN online mengatakan kepada BaskomNews, KKN online tidak menghilangkan visi utama kegiatan itu sendiri. Meski komunikasi dilakukan secara daring, akan tetapi menurutnya hal itu tak serta merta membuat mahasiswa dan masyarakat menjadi berjarak.

Kuncinya adalah para mahasiswa membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat.
Desa Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur menjadi salah satu desa tujuan KKN online. Salah satu UMKM yang menjadi program kerja KKN online karena memiliki potensi usaha di tengah pandemi Covid-19 adalah “Oemah Lemon”.

Produk minuman sari lemon untuk kesehatan dan dipercaya bisa meningkatkan daya imun serta membantu detoksifikasi racun dalam tubuh. Tidak hanya itu, sari dari buah berwarna kuning cerah ini ternyata juga membantu asupan vitamin c yang sedang banyak dibutuhkan dalam kondisi seperti ini (Covid-19)

“Dulu, Saya cuma jual buah lemon saja, penjualan menurun, buah lemon yang tidak terjual lama-lama layu dan mengkerut. Akhirnya saya iseng-iseng bikin minuman sari lemon karena untuk diet. Ternyata cocok, bisa menurunkan berat badan,” ungkap pak Rendhy, owner UMKM Oemah Lemon.

Ia menegaskan, produknya memakai jeruk lemon impor yang masih segar. Cara membuatnya pun hanya dengan cara diperas untuk mendapatkan sari buahnya.
Produk ini dikemas dalam botol 250 ml dengan dibandrol harga Rp 35.000 per botol untuk sari lemon murni, sedangkan untuk kemasan ready to drink dibandrol harga Rp. 8000 perbotol, dalam dua minggu, ia bisa memproduksi sampai 300 botol.

“Produk Oemah Lemon ini bisa tahan satu bulan dalam kemasan. Kalau sudah dibuka, bisa tahan dua minggu kalau disimpan di kulkas,” paparnya.
Meski terbilang baru, minuman sehat ini sangat dicari oleh beberapa kalangan karena melihat khasiatnya yang sangat besar juga meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. “Sejauh ini masih kami jual secara online dengan pembayaran COD.

Kalau mau ambil langsung bisa datang kerumah di Perum Taman Palumbon Asri Blok D1 No 5 RT 04 RW 24, kelurahan Palumbonsari, kecamatan Karawang Timur, atau bisa telepon/wa ke nomor 081318918214. Selebihnya pelanggan yang berminat bisa cek di social media kita IG @oemah_lemoen dan di marketplace seperti shopee @eomah_lemoen dan tokopedia Oemah Lemoen”, tutup Rendhy.

Penulis: Wahyu MulyandaruEditor: Roby
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *