71 Karyawan PT JSA Positif, Tapi Tidak Melapor ke Satgas Covid-19

oleh -

BaskomNews.com – Sebanyak 71 karyawan PT Jaya Santos Abadi yang terpapar positif Covid-19 sejak November 2020 dan tidak di laporkan ke Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang. Hal ini membuat perusahaan yang memproduksi kopi kapal api di Kabupaten Karawang Jawa Barat tersebut disidak (inspeksi mendadak) oleh Satgas Covid-19 Karawang, Jumat (08/01/2021).

Sidak yang dipimpin Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana didampingi Kapolres Karawang, AKBP AKBP Rama Samtama Putra, serta Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo ini berawal dari adanya informasi karyawan PT Jaya Santos Abadi terpapar Covid-19, tetapi tidak dilaporkan ke Satgas Covid-19 Karawang.

“Satgas Covid-19 melakukan sidak ini karena perusahaan kopi kapal api ini tidak melaporkan adanya karyawannya yang terpapar Covid-19 ke Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang,” kata Cellica disela berlangsungnya sidak.

Akibatnya, perusahaan yang berada di Kawasan Industri Surya Cipta (KISC), Kecamatan Ciampel ini diberikan sanksi administrasi.

Cellica, juga mengingatkan managemen dan seluruhan karyawan PT Jaya Santos Abadi agar mengedepankan protokol kesehatan.

“Kami mengingatkan seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Karawang, agar melapor ke Satgas Covid-19 apabila ada indikasi karyawannya positif Covid-19,” tegasnya.

Diakuinya, sejak awal November 2020 ada sekitar 71 orang karyawan di Kabupaten Karawang yang terkonfirmasi positif virus corona, namun tidak dilaporkan ke Satgas Covid-19.

“Untuk itu, kami memberikan sanksi administrasi dan perusahaan harus bertanggungjawab sepenuhnya kepada karyawan yang terpapar Covid-19,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan, tingginya angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karawang, khususnya di kawasan industri akibatnya managemen perusahaan tidak kooperatif karena takut perusahaannya ditutup pemerintah.

“Sekali lagi saya tegasnya, perusahaan yang menemukan adanya karyawannya terindikasi terpapar Covid-19 harus segera melapor ke Satgas Covid-19,” pungkasnya.(CR1)