Pasca Dibubarkan Satgas Covid-19, Pemilik Cafe D’Arkan Berikan Klarifikasi

oleh -

BaskomNews.com – Pemilik Cafe D’Arkan, H. Acep Suyatna yang juga merupakan anggota DPRD Karawang asal Dapil 5 Karawang memberikan klarifikasi, pasca pembubaran acara Live Music di cafe miliknya pada Sabtu malam minggu, (02/01/2021) kemarin, oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Dalam keterangan pers-nya kepada awak media, Acep menjelaskan jika pihaknya sudah melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan aparatur desa setempat dan Muspika Kotabaru.

“Sebelum acara kegiatan, kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak desa maupun pihak Muspika. Dan pada prinsipnya kaitan himbauan dan intruksi, baik dari Bupati maupun Kapolri sudah kita laksanakan, semua sudah kita lakukan sesuai standar,” kata H. Acep Suyatna, kepada BaskomNews.com melalui sambungan telepon selularnya, Minggu (03/01/2021) malam.

Bahkan dikatakan Acep yang juga Anggota DPRD Fraksi PKB ini, sebelum acara dilangsungkan yakni pada H-1, Muspika Kotabaru sudah meninjau langsung ke lokasi untuk melakukan pengecekkan, kaitan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di Cafe miliknya itu.

“Kita sudah berkoordinasi seminggu sebelum kegiatan. Dan arahan pun semua sudah kita ikuti, yaitu termasuk untuk tidak menggelar acara dari tanggal 25 Desember 2020 sampai 1 Januari 2021,” paparnya.

Dan pada saat acara digelar pun, pihaknya sudah melakukan standar protokol kesehatan yang ketat, baik kepada para pengunjung maupun penyelenggara acara.

“Tapi semua sudah terjadi, meski sebetulnya kegiatan event ini tidak hanya dilakukan di Cikampek saja. Di tempat-tempat lain juga sama semua, bahkan lebih dahsyat-lah acara yang disuguhkan oleh cafe-cafe di pusat Kota Karawang sana,” kata Acep menyesalkan.

Acep pun mengaku pasrah dan menjadikan kejadian tidak mengenakan tersebut sebagai suatu hikmah ke depannya. “Jadi tidak apalah. Ya kalau misalkan jam malam dilakukan, kita juga akan melakukan itu,” jelasnya.

Soal jam malam, Menurut Acep, berdasarkan Instruksi Bupati, jam malam itu diberlakukan di wilayah Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM). Dan D’Arkan milik-nya tidak termasuk berada di dalam wilayah PSBM.

“Sementara cafe saya tidak ada di wilayah PSBM, tapi kita mentaati hal itu. Hanya saja kita minta waktu untuk prepare dan itu butuh waktu setengah jam,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, petugas gabungan yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Kecamatan Kotabaru yang dipimpin langsung oleh Danramil 0406 Cikampek Kapten Joko Siswoyo bersama unsur Muspika Kecamatan Kotabaru, membubarkan acara hiburan di Cafe D’Arkan yang sebagai bintang tamunya, Willy artis pemain Preman Pensiun.

Pembubaran di Cafe D’Arkan itu, dilakukan karena acara telah melebihi jam malam dan dinilai telah melanggar aturan protokol kesehatan, mengingat warga Karawang yang terkonfirmasi positif saat ini sudah mencapai 6226 orang. (CR1)