Satu-satunya Cabup Kelahiran Karawang, Jimmy Mau Selesaikan Pengangguran Lewat Program “Bapak Asuh”

oleh -
Jimmy-Yusni.

BaskomNews.com – Sebagai satu-satunya Calon Bupati di Pilkada Karawang 2020 yang terlahir di tanah Karawang, Cabup H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) memiliki program untuk menyelesaikan persoalan pengangguran Karawang melalui program ‘Bapak Asuh.

Saat sesi menanggapi visi misi Paslon di debat kandidat Pilkada Karawang 2020 yang ditayangkan live iNews, Rabu (25/11/2020) malam, Paslon Nomor 3 Jimmy-Yusni mendapatkan pertanyaan dari Paslon Nomor 1 dan Paslon Nomor 2.

“Kang Jimmy tadi mengatakan soal mengurangi pengangguran. Apa yang sudah dilakukan dan cara apa yang akan dilakukan untuk mengurangi pengangguran. Kalau kita bicara lapangan pekerjaan identik dengan calo tenaga kerja. Cara yang akan dilakukan untuk mengatasi calo tenaga kerja,” tanya Cawabup Nomor 1, Adly Fairuz.

Pertanyaan yang hampir sama juga disampaikan Cawabup Nomor 2, Aep Saepulloh. “Bahwa di Karawang ini tadi akan dihapuskan pengangguran. Setahu saya di Kabupaten Karawang ini setiap tahunnya saja anak SMA/SMK, keluar sekolah ini hampir 22 ribu,” kata Aep.

“Nah, bagaimana untuk menghapuskan semua pengangguran di Karawang. Padahal yang kita tahu di Karawang, semua yang namanya area pabrik ini, saya pikir dalam setahun ini tidak mungkin bisa menerima (angkatan kerja) sampai 22 ribu. Apalagi dengan tahun-tahun sebelumnya,” tanya Aep Saepulloh.

Menjawab pertanyaan dari dua Cawabup tersebut, Kang Jimmy terlihat memberikan jawaban yang lugas dan tegas. Disampaikan Kang Jimmy, angka pengangguran Karawang per tahun minimal 110 ribu orang. Data itu di lihat dari angkatan kerja Karawang per tahun yang mencapai 146 ribu orang.

Sehingga jika ini dirata-ratakan, maka jumlah pengangguran Karawang dalam sebulan mencapai 9.334. “Kami punya visi yang jelas. Pabrik di Karawang ada 1.586 PT. Satu PT nanti kerja sama ke depan lewat program Bapak Asuh 30 orang satu PT. Berarti dalam satu tahun ada lulusan kerja kita, 30 x 1.586, itu lebih dari 45 ribu orang,” jawab Jimmy.

“Insya Allah, kita bukan calon bupati di luar Karawang. Karawang banyak pabrik, pasti akan kita selesaikan atas izin Allah,” timpal Kang Jimmy seraya menegaskan bahwa ia adalah satu-satunya Cabup yang merupakan asli putra daerah kelahiran Karawang. (red)