Kartu Wirausaha Jimmy-Yusni, Dorong Anak Muda di Atas 25 Tahun untuk Berwirausaha

oleh -
Cabup Jimmy saat menunjukan kartu wirausaha yang menjadi kontrak politik Jimmy-Yusni dengan masyarakat.

BaskomNews.com – Dalam debat kandidat Pilkada Karawang 2020 yang ditayangkan live di iNews, Rabu (25/11/2020) malam, Cabup Nomor 3, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) kembali menjelaskan soal ‘3 Kartu Sakti’ Jimmy-Yusni yang salah satunya adalah Kartu Wirausaha.

Dalam sesi menjawab pertanyaan dalam amplop yang sudah disediakan KPU Karawang tersebut, Jimmy-Yusni ditanya soal bagaimana cara mengentaskan kemiskinan dan pengangguran di Karawang.

“Tingkat penangguran di Kabupaten Karawang masih posisi tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Dan angka kemiskinan di 2020 ini naik 28% dari tahun lalu. Apa strategi jitu saudara untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Karawang,” tanya Desvita Bionda, saat membacakan pertanyaan dalam amplop yang masih tersegel.

Menjawab pertanyaan tersebut, Cabup Jimmy menjelaskan mengenai Kartu Wirausaha yang menjadi salah satu kartu kontrak politik Jimmy-Yusni dengan rakyat di Pilkada Karawang 2020. Dijelaskan Jimmy, Jimmy-Yusni ke depan sudah menyiapkan paket kartu wirausaha. Kartu wirausaha ini pernah kita usulkan kerja sama antara Bupati dengan dunia Perbankan.

Dijelaskan Jimmy, anak muda yang berusia di atas 25 tahun sudah tidak mungkin bisa bekerja di pabrik/industri. Sehingga anak muda tersebut akan didorong untuk berwirausaha semisal anak muda Kuningan yang sering berjualan indomie, jualan kopi, jualan bubur kacang ijo.

Menurut Jimmy, berwirausaha seperti itu modalnya tidak seberapa alias tidak besar, hanya cukup 1 juta hingga 5 juta sudah cukup. “Maka ke depan para pemuda di Kabupaten Karawang yang usianya sudah di atas 25 tahun kita dorong untuk berwirausaha,” terang Jimmy.

“Datang ke dunia Perbankan, pinjam modal usaha 1 juta, 5 juta sampai 10 juta rupiah, jaminannya hanya KTP. Berbasis MoU kerja sama antara Bupati dengan dunia Perbankan di Kabupaten Karawang,” papar Jimmy. (red)