Live di iNews, Saksikan Debat Kandidat Pilkada Karawang 2020

oleh -

BaskomNews.com – Menjelang masa pencoblosan Pilkada Karawang pada 9 Desember 2020, KPU Karawang menggelar debat kandidat yang ditayangkan secara live di salah satu stasiun televisi swasta iNews, pada Rabu (25/11/2020) malam.

Rencananya, debat kandidat akan dimulai sekitar pukul 19.00 WIB. Dengan mengambil tema “Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dalam Persaingan Global”, KPU Karawang berharap agar masyarakat pemilih bisa lebih mengenal visi misi para Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Karawang 2020 untuk menghasilkan Pilkada yang berkualitas.

Ketua KPU Karawang, Miftah Farid menjelaskan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka debat kandidat digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Yaitu dimana jumlah peserta di dalam ruangan dibatasi hingga 25 orang. Yaitu terdiri dari 6 pasangan calon (3 kandidat), 5 orang Komisioner KPU, 2 orang Komisioner Bawaslu, serta sisanya tamu undangan yang diizinkan masuk ruangan.

“Sesuai PKPU Nomor 13 Tahun 2020 Pasal 59, maka peserta yang akan masuk dalam ruangan debat kandidat dibatasi. Dan kita benar-benar menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” tutur Miftah Farid, saat dikonfirmasi BaskomNews.com, Selasa (24/11/2020).

Ditegaskan Miftah Farid, tujuan dari digelarnya debat kandidat ini bukan untuk memfasilitasi antar Paslon agar saling serang atau saling menjatuhkan dalam ruangan debat kandidat. Melainkan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas mengenai visi misi para Paslon, demi membawa pembangunan Karawang ke depan yang lebih baik.

“Selama ini kan masyarakat atau para pemilih baru mendapatkan informasi para calon melalui portofolio. Intinya, debat kandidat ini agar masyarakat atau para pemilih lebih mengenal visi misi dan program para calon,” terang Miftah Farid.

Untuk mengingatkan kembali, Pilkada Karawang 2020 ini telah ditetapkan tiga pasangan calon. Yaitu Nomor Urut 1 Yesi Karya Lianti-Adly Fairuz yang diusung PDI Perjuangan, PPP, PAN, PBB. Kemudian Nomor Urut 2 Cellica Nurrachadiana-Aep Saepulloh yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, Partai NasDem. Terakhir Nomor Urut 3 Ahmad Zamakhsyari-Yusni Rinzani yang diusung PKB, Partai Gerindra dan Partai Hanura.

Sementara berdasarkan bocoran informasi yang didapatkan redaksi BaskomNews.com, debat kandidat Pilkada Karawang 2020 ini tidak hanya akan membahas soal percepatan pertumbuhan ekonomi daerah dari masing-masing versi visi misi pasangan calon. Melainkan juga akan membahas bagaimana ide dan gagasan pasangan calon di dalam menyikapi dan memberikan solusi percepatan penanganan pandemi covid-19 di Karawang. (Adk)