Bangunan Sudah Jadi dan akan Diresmikan, Tapi Tokma Cikampek Belum Miliki Izin

oleh -

BaskomNews.com – Keberadaan toko modern Tokma yang bangunannya hampir rampung dan akan diresmikan pada bulan depan di Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru, ternyata diduga belum memiliki izin.

Dari pantauan di lokasi, Tokma yang dibangun di jalan raya Tirtamulya-Cikampek itu sudah hampir selesai dibangun. Para pekerja terlihat masih sibuk mengerjakan proyek pembangunan toko modern itu.

Menyikapi bangunan Tokma yang diduga belum memiliki izin ini, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Rosmalia Dewi mengatakan, berdasarkan catatan di DLHK Karawang, sampai saat ini pihaknya belum mengeluarkan pengesahan dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL) Tokma yang ada di Desa Cikampek Utara Kecamatan Kotabaru.

“Kita belum pernah menerima berkas dokumen pengajuan apapun dari pihak Tokma yang ada di Desa Cikampek Utara itu. Jadi kita begini ya, konsultan atau apapun itu urusan pihak mereka ya, tugas kita hanya mengesahkan saja. Tapi hingga saat ini belum ada berkas dokumen pengajuan izin UKL dan UPL-nya,” jelas Rosmalia Dewi kepada BaskomNews.com saat ditemui di kantornya, Jum’at (02/10/2020) sore.

Sekretaris DLHK Karawang, Rosmalia.

Selain itu, belum adanya draft dokumen pengajuan izin UKL dan UPL terhadap DLHK Karawang, kemungkinan besar pihak Tokma Cikampek Utara belum mengajukan berkas dokumen untuk mengurus izin UKL dan UPL di DLHK Karawang.

“Draft-draft dokumen pengajuannya juga belum kami terima, berarti kemungkinan besarnya pihak mereka belum mengajukannya kepada pihak kami. Yang penting, kami DLHK Karawang belum mengeluarkan pengesahan berkas dokumen perizinan UKL dan UPL kepada Tokma di Desa Cikampek Utara,” tegas Rosmalia.

Oleh sebab itu, sambung Rosmalia, pihak DLHK Karawang akan mengirimkan timnya untuk mengecheck keberadaan toko modern Tokma yang hingga saat ini bangunan tersebut diduga bangunan liar yang tidak mengantongi izin apapun.

“Kalau kegiatan pembangunan itu ada pencemaran lingkungan atau kerusakan terhadap lingkungan, kami bisa memberikan tindakan tegas. Tapi nanti kami akan mengirimkan tim untuk mengecheck kegiatan pembangunan toko modern itu ya,” tuturnya.

“Kalau kegiatan yang tidak berizin, itu bukan kewenangan kami untuk melakukan tindakan, itu kewenangannya ada di Satpol PP Karawang untuk menyelidiki kegiatan itu berizin atau tidaknya. Kami melakukan tindakan, jika seandainya ada kerusakan atau pencemaran lingkungannya saja ya,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun, bangunan toko modern Tokma di Desa Cikampek Utara yang dibangun dari tahun 2018 lalu dan akan segera diresmikan untuk beropersional di akhir tahun 2020 ini. Diduga belum mengantongi izin lokasi dari lingkungan sekitar atau izin lokasi dari Desa Cikampek Utara. Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang warga yang namanya enggan disebutkan.

“Pak Kades juga informasinya tidak mau menandatangi berkas dokumen pengajuan izin lokasi karena tidak ada tandatangan persetujuan dari warga sekitar yang berada di lingkungan toko modern tersebut,” katanya. (cr1)