Musancab, PDI Perjuangan Terus Panaskan Mesin Partai

oleh -

BaskomNews.com  – Menjelang Pilkada Karawang pada 9 Desember 2020 mendatang, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karawang terus memanaskan mesin partainya dengan melakukan konsolidasi partai melalui Musyawarah Anak Cabang (Musancab) yang digelar secara serentak, Minggu (13/9/2020).

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Karawang, Natala Sumedha mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian konsolidasi organisasi yang diamanatkan Kongres V. Ia menjelaskan bahwa Musancab serentak gelombang ketiga terbagi dalam 3 sesi.

Pertama, terdiri dari PAC Banyusari, Jatisari, Cikampek, Klari. Sesi kedua yakni PAC Kutawaluya, Tirtajaya, Lemah Abang, serta sesi ketiga PAC Rawamerta dan Pedes.

“Ini merupakan momentum 5 tahunan pergantian pengurus partai di tingkat kecamatan dan jadwal pelaksanaannya pun secara bertahap, sesuai pengajuan jadwal pelaksanaan dari DPC kepada DPD Partai, bagi PAC yang telah menyelesaikan pengisian Format Tunggal para pengurus partai sampai ke tingkat RW di wilayahnya masing-masing,” ujar Natala Sumedha, kepada awak media, Minggu (13/09/2020).

Untuk komposisi pengurus (Ketua, Sekretaris dan Bendahara), ditetapkan oleh DPD Partai, melalui tahapan-tahapan penjaringan dan juga tes kelayakan, serta berlaku untuk para bakal calon pengurus tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, yang sekaligus menjadi Pimpinan sidang H. Toto Suripto, SE, MH, dan Hj. Noor Rafika, S. Ag, pengurus DPC dan Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Karawang, KSB Ranting Partai sebagai utusan, serta para kader Partai dan para tokoh Partai.

“Turut hadir pula bakal Calon Bupati Karawang yang di usung oleh partai berlambang Banteng, yakni dr. Yesi Karya Lianti,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar yang merupakan Korwil Karawang, H. Toto Suripto, SE, MH mengatakan, semua harus merapatkan barisan, kompak dalam menjalankan tugas partai.

“Kita bersama-sama harus bersatu untuk menjalankan tugas partai. Seperti pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun ini, kita harus bersatu dengan menjadikan mesin partai sebagai motor utama tim pemenangan calon yang kita usung,” ungkap Toto Suripto.

Toto juga mengingatkan kembali kepada seluruh kader maupun PAC dan anak ranting bahwa konsolidasi itu sangat penting.

“Musyawarah anak cabang ini kita kedepankan musyawarah dan mufakat, agar supaya semua bisa berjalan mulus sesuai dengan keinginan ibu ketua umum PDIP Megawati Soekarno Putri dalam rangka konsolidasi partai,” ungkapnya.

Selain itu, Toto Suripto juga menyebutkan dalam proses pemilihan ketua PAC memperhitungkan beberapa hal, yakni yang pertama riwayat yang bersangkutan di partai dan kedua loyalitasnya, dedikasinya serta kepentingan-kepentingan strategis di partai ke depan.

“Kepada seluruh PAC dan anak ranting PDIP se-Kabupaten Karawang agar lebih loyalitas, dan satukan tekad serta tetap bersatu,” katanya.

Ditambahkan Toto, bahwa PDI Perjuangan sudah menyiapkan struktur partai, mulai dari tingkat anak ranting-ranting, anak cabang sampai atas. Bahkan kader yang siap untuk diterjunkan guna mengawasi penyelengaraan Pilkada.

“Dan ini pasukan yang riil, riil siap untuk mengawal terselenggaranya Pilkada,” tandasnya. (CR1)