26 Peserta UKW Mendapat Pembekalan dari PWI Pusat

oleh -

BaskomNews.com – Sebanyak 26 peserta yang akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) diberikan pembekalan materi khusus oleh salah seorang wartawan senior dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. Pembekalan materi dilaksanakan di Sekretariat PWI Kabupaten Karawang, Rabu (12/08/2020) siang.

Nurcholis MA Basyari, wartawan senior dari PWI Pusat yang datang secara khusus untuk mengisi materi Pra-UKW. Besok, Nurcholis juga dijadwalkan jadi penguji untuk UKW tingkat muda.

Di hadapan 26 peserta UKW, Nurcholis berpesan agar tidak takut dengan UKW. Sebab, apa yang diujikan di UKW adalah pekerjaan sehari-hari insan pers.

Sebaliknya, peserta pun diharapkan agar tidak meremehkan UKW. Karena sepengalaman dia selama jadi penguji, belum pernah ada UKW yang seluruh pesertanya dinyatakan lulus. “Belum ada yang 100 persen,” katanya kepada sejumlah awak media.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana UKW PWI Kabupaten Karawang Teguh Purwahandaka mengatakan, pra-UKW sengaja dibuat panitia agar delapan peserta madya dan 18 peserta muda bisa lulus 100 persen. “Peserta kami bekali pointer-pointer dari mata uji untuk UKW besok,” ungkap Teguh.

“Jangan mengaku wartawan kalau belum UKW. UKW adalah syarat penting seorang wartawan dikatakan kompeten atau tidak,” tandasnya. (CR1)