25 Wartawan Peserta UKW PWI Karawang Lakukan Rapid Test

oleh -

BaskomNews.com – Sebanyak 25 wartawan dari berbagai media masa yang menjadi calon Uji Kompetensi Wartawan (UKW), mengikuti Rapid Test yang dilaksanakan oleh PWI Karawang yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, bertempat di Kantor UPTD Laboratorium Dinas Kesehatan Karawang, Senin (10/08/2020).

Ketua Uji Kompetensi Wartawan PWI Karawang, Teguh Purwahandaka mengatakan, PWI Kabupaten Karawang akan menggelar UKW yang diikuti oleh berbagi media masa dan wartawan yang ada di Kabupaten Karawang.

“Untuk memutus mata rantai Covid-19 ini, maka kami mengadakan Rapid Test bagi peserta calon UKW, dan diikuti oleh 25 orang yang melaksanakan Rapid Test. Ahamdullilah hasilnya dinyatakan bebas dari Covid-19” ungkap Teguh kepada BaskomNews.com di lokasi Rapid Test, Senin (10/08/2020).

Menurut Teguh, Rapid Test tersebut  merupakan salah satu persyaratan untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 14 Agustus 2020.

“Adapun peserta yang mengikuti UKW ini ada 18 peserta untuk kelompok UKW Muda untuk wartawan atau kontributor. Sedangkan untuk peserta UKW di kelompok UKW Madya diikuti oleh 8 orang untuk sekelas redaktur atau editor,” paparnya.

Adapun harapan diadakannya UKW ini, salah satunya menjadi kebutuhan bagi wartawan dengan adanya UKW yang digelar oleh PWI Kabupaten Karawang pada tahun 2020 ini

“Uji kelayakan ini guna meningkatkan kualitas cara menulis serta pemahaman terhadap kode etik jurnalistik. Sehingga menjadi standar serta UKW menjadi salah satu bagian komponen yang sangat penting bagi pewarta,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Laboratorium Dinas Kesehatan Karawang, Eddi Zulkarnaen mengungkapkan, adapun hasil Rapid Test yang diikuti oleh 25 peserta UKW PWI Karawang dinyatakan Non-Reaktif.

“Kami pesan kepada yang 25 orang ini, yang telah mengikuti Rapid Test dengan hasil Test di Laboratorium kami ini, untuk bisa tetap menjaga kesehatannya, pakai masker dan cuci tangan serta sosial distancing serta mengutamakan protokol kesehatannya dalam menjalankan tugasnya sebagai pewarta,” terangnya.

Dia juga berpesan apabila ada gejala batuk-batuk serta panas, untuk segera berobat ke Puskesmas yang terdekat. (CR1)