Pilkada Tanpa Calon Independen, Kampanye Tatap Muka Paslon Dibatasi

oleh -

BaskomNews.com – Pasca Bapaslon ENAK (Endang-Asep Agustian) dinyatakan tidak lolos Verifikasi Faktual (Verfak), KPU Karawang kembali melanjutkan tahapan Pilkada 2020.

Ketua KPU Karawang, Miftah Farid mengatakan, saat ini KPU Karawang masih terus menjalankan tahapan Pilkada. Yaitu dimana tahapan Coklit (pencocokan dan penelitian) daftar pemilih terus dilakukan hingga 13 Agustus 2020.

Setelah tahapan coklit selesai, sambung Farid, selanjutnya KPU akan membuka pendaftaran calon dari partai politik pada tanggal 4, 5 dan 6 September 2020. Tahapan verifikasi adminsitrasi syarat pencalonan, tes kesehatan, hingga pembagian nomor urut pasangan calon juga juga dipastikan terus berjalan.

Namun yang perlu ditegaskan, sambung Farid, tidak ada kampanye terbuka dalam Pilkada di tengah pandemi corona seperti saat ini. Karena sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2020, kampanye pasangan calon benar-benar akan memanfaatkan metode digital. Sehingga kampanye melalui tatap muka akan dibatasi.

Kembali dijelaskan Farid, untuk kampanye dengan metode tatap muka (dialogis) akan memperhatikan 50% dari kapasitas ruangan. Itu pun dengan catatan harus tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Misalnya kapasitas ruangan itu hanya memuat untuk 100 orang, maka yang boleh hadir hanya 50 orang. Pilkada 2020 memang berbeda dengan pilkada-pilkada sebelumnya. Karena penyelenggara harus betul-betul mengantisipasi penyebaran covid-19,” pungkas Farid. (red)