Pilkada Karawang, PPDP akan Datang ke Setiap Rumah untuk Cek Identitas Pemilih

oleh -

BaskomNews.com – Terhitung 15 Juni 2020, KPU Karawang sudah kembali memulai tahapan Pilkada Karawang, pasca non-aktif akibat pandemi Covid-19. Sehingga saat ini petugas PPK dan PPS yang tadinya non-aktif sudah kembali bekerja untuk melanjutkan tahapan. Tentunya dengan menggunakan protokoler kesehatan.

Komisioner KPU Karawang Divisi Program Data dan Informasi, Ikhsan Indra Putra mengatakan, ada 4 tahapan yang dilanjutkan KPU Karawang untuk Pilkada 2020. Diantaranya Pelantikan PPS, Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan, serta Penyusunan Daftar Pemilih.

Sementara saat ini sedang berlangsung tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar pemilih yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang dimulai dari tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Dijelaskan Ikhsan, petugas akan datang ke setiap rumah untuk mengkonfirmasi kesesuaian identitas pemilih dengan daftar pemilih. “Untuk agenda ke depannya akan dilaksanakan monitoring Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang letak geografisnya sulit dijangkau oleh kendaraan pada umumnya. Ini bertujuan untuk mengukur jarak distribusi logistik dan melihat proses respon masyarakat terhadap pelaksanan Pilkada,” terang Ikhsan Indra Putra.

Untuk diketahui, pada Jumat (24/7/2020) kemarin, KPU Karawang telah melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Polres Karawang, di Aula Vicon Sarja Arya Racana, Polres Karawang.

Melalui Rakor ini, Kapolres Karawang, AKBP Arif Rahman menyampaikan akan terus berkoordinasi untuk melihat kemungkinan kerawanan yang terjadi dalam kesiapan setiap tahapan Pilkada pada masa Pandemi Covid-19.

Sementara pada Senin (27/7/2020) besok, merupakan hari terakhir Verifikasi Faktual (Verfak) bagi bakal calon pasangan independen. Melalui hasil Verfak nanti, KPU Karawang akan memutuskan apakah bakal calon independen Endang-Asep Agustian (Paslon ENAK) akan lolos atau tidaknya untuk mengikuti kontestasi Pilkada Karawang pada 9 Desember 2020 mendatang.

Karena di Rapat Pleno Hasil Rekaptulasi Verfak pada Senin (20/7/2020) lalu, bakal calon Paslon ENAK dinyatakan masih harus mengurus dokumen dukungan pencalonannya sebanyak 81.858 dukungan KTP. (red)