Yessi-Firlie Belum Final, Golkar Kembali Kasak-kusuk Nyari Arah Kolisi

oleh -

BaskomNews.com – Pasangan bakal calon Yessi Karya Lianti-Firlie Ganinduto (PDI Perjuangan dengan Partai Golkar) yang dinyatakan belum final untuk Pilkada Karawang pasa 9 Desember 2020 mendatang, membuat Partai Golkar Karawang kembali harus kasak-kusuk menentukan arah koalisi.

Sabtu (11/7/2020), beberapa Pengurus Partai Golkar kedapatan melakukan pertemuan dengan beberapa ketua partai.

Saat dikonfirmasi kabar tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Karawang, Sukur Mulyono mengakui, jika hari ini ia bersama beberapa pengurus Partai Golkar Karawang melakukan pertemuan dengan tiga ketua partai. Yaitu dengan Ketua DPC Partai Gerindra Karawang Ajang Supandi, Ketua DPC PDI Perjuangan Karawang Taufik Ismail, serta terakhir Ketua DPC PKB Karawang H. Ahmad Zamakhsyari.

“Betul, tadi kita sudah ketemu sama Pak Ajang dan Ketua Pipik (Taufik Ismail). Insya Allah malam ini lanjut bertemu dengan Kang Jimmy,” beber Sukur Mulyono.

Dijelaskan Mulyono, pertemuan dengan beberapa ketua partai ini merupakan intruksi dari Wakil Ketua DPP Partai Golkar dan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat. Yaitu dimana Partai Golkar Karawang kembali melakukan konsolidasi lintas partai menjelang waktu pelaksanaan Pilkada yang semakin dekat.

“Kita membahas segala kemungkinan menjelang Pilkada Karawang. Karena sampai hari ini sikap resmi Partai Golkar untuk Pilkada Karawang kan belum final,” terang Mulyono.

Disinggung mengenai pasangan Yessi-Firlie yang sebelumnya digadang-gadang merupakan pasangan ideal PDI Perjuangan dengan Partai Golkar untuk Pilkada Karawang, Mulyono menegaskan, sampai hari ini Partai Golkar belum menentukan arah koalisi ataupun pasangan calon. Karena menurutnya, pasangan Yessi-Filie hanyalah pasangan sementara berdasarkan surat tugas (bukan rekomendasi) dari DPP Partai Golkar.

“Kalau Yessi-Firlie kemungkinannya memang ada, tapi kecil. Makanya berdasarkan intruksi dari DPP, hari ini Partai Golkar Karawang kembali melakukan konsolidasi dengan beberapa ketua partai,” katanya.

Masih dikatakan Mulyono, konsolidasi politik Partai Golkar Karawang bukan hanya akan dilakukan dengan beberapa ‘partai besar’ yang memiliki jumlah kursi banyak di legislatif Karawang. Melainkan juga akan dilakukan dengan beberapa parpol kecil lain yang memiliki 1, 2 atau 3 kursi di legislatif Karawang.

“Hari ini kita bertemu dengan Ketua Gerindra, PDIP dan PKB. Tidak menutup kemungkinan besok juga kita akan bertemu dengan PAN, PPP, Hanura, PBB atau NasDem,” tandas Mulyono. (Adk)