Pertemuan Cak Imin-AHY Tak Pengaruhi Pertarungan Politik Pilkada Cellica-Jimmy

oleh -
AHY-Cak Imin (atas) dan Cellica-Jimmy (bawah).

BaskomNews.com – Pertemuan antara Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimuti Yudhoyono (AHY) pada Rabu (7/8/2020) kemarin, sepertinya tidak berpengaruh terhadap pertarungan politik Pilkada Karawang 2020 antara Ketua DPC Demokrat Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana dengan Ketua DPC PKB Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Cellica-Jimmy).

Pasalnya, diantara Cellica-Jimmy sudah jauh-jauh hari menyatakan sikap ‘cerai politik’ dan mendeklarasikan diri untuk masing-masing mencalonkan sebagai Calon Bupati Karawang pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Kendati saat ini keduanya ‘masih satu paket’ menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karawang aktif.

Menaggapai pertemuan AHY-Cak Imin, Cellica Nurrachadiana sendiri menegaskan, bahwa DPP Partai Demokrat memang sedang sibuk membangun koalisi dengan parpol lain. Sehingga hal tersebut merupakan hal wajar.

“Gak apa-apa, wajar yah, Demokrat sedang melakukan konsolidasi dengan semua partai,” tutur Cellica Nurrachadiana, kepada awak media, Jumat (10/07/2020).

Disingung apakah pertemuan AHY-Cak Imin menjadi satu tanda kemungkinan gambaran politik bahwa Cellica-Jimmy akan kembali berkoalisi kembali di Pilkada Karawang?, Cellica menjelaskan pertemuan AHY-Cak Imin adalah untuk membahas kepentingan politik di pusat, bukan di Karawang.

“Kan ini mah pusat bukan, pusat ya. Bukan Karawang,” kata Cellica saat menegaskan kembali.

Pada kesempatan berbeda, H. Ahmad Zamakhsyari menjelaskan, bahwa pertemuan Cak Imin-AHY hanya menyepakati koalisi Pilkada di 30 kabupaten/kota se-Indonesia. Sedangkan Pilkada serentak akan digelar di 150 daerah.

Sehingga kesepakatan koalisi Cak Imin-AHY tersebut tidak termasuk untuk Karawang. “Saya kira itu tidak termasuk Karawang. Karena mohon maaf mohon izin rekomendasi Ketua Umum dan Sekretaris Jendral DPP PKB untuk Pilkada Karawang sudah turun” paparnya.

Kang Jimmy (sapaan akrab) juga menjelaskan, rekomendasi DPP PKB untuk Pilkada Karawang yang turun kepada dirinya bukan sebagai Calon Wakil Bupati. Melainkan sebagai Calon Bupati Karawang. Bahkan Kang Jimmy membeberkan, nama Calon Wakil Bupati dari DPP PKB pun sudah ada.

“Saya sebagai calon bupati, bukan sebagai calon wakil. Akan dipublis calon wakilnya nanti,” tandas Kang Jimmy, sambil kembali menegaskan bahwa rekomendasi DPP PKB untuk pencalonannya di Pilkada Karawang sudah turun. (red)