Sempat Dicurigai Bom Rakitan, Ternyata Hanya Lilitan Kabel Biasa

oleh -

BaskomNews.com – Setelah dilakukan pengecekan oleh Unit Penjinak Bom dari Korps Brimob Polda Jabar, Kapolres Karawang AKBP Arief Rachman Arifin memastikan jika benda asing yang ditemukan di depan sebuah warung ayam bakar Caringin di Jalan Ahmad Yani Nomor 07 Kampung Babakan Kaum Galur Desa Cikampek Selatan Kecamatan Cikampek, bukanlah bom rakitan. Melainkan hanya lilitan kabel yang tertinggal oleh seorang tukang.

“Bukan bom rakitan dan tidak ditemukan atau tidak memiliki bahan peledak,” kata AKBP Arief Rachman Arifin, kepada awak media di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Selasa (02/06/2020).

Dijelaskannya, benda mencurigakan ini sebelumnya ditemukan oleh pemilik warung ayam bakar Caringin yang identitasnya dirahasiakan oleh pihak kepolisian, ditemukan sekitar pukul 09.00WIB pada Selasa (02/06/2020).

“Ditemukan pertama kali sama pemilik warungnya dan langsung melaporkan penemuan tersebut ke petugas Polsek Cikampek dan Koramil Cikampek. Dan saat pihak kami menerima laporan tersebut, kami langsung melakukan tindakan-tindakan sesuai dengan SOP kami,” kata Kapolres.

Benda yang semula diduga bom rakitan oleh warga Cikampek hingga membuat heboh warga sekitar, Kapolres kembali menegaskan jika benda tersebut hanyalah lilitan kabel yang diduga tertinggal di warung ayam bakar.

“Hanya lilitan kabel saja, tidak ada unsur bahan peledaknya. Mungkin bisa jadi lilitan kabel itu milik seorang tukang yang sudah selesai membetulkan listrik dan tertinggal di warung ayam bakar tersebut,” terangnya.

Dari pantauan BaskomNews.com di TKP, tim unit penjinak bom dari Korps Brimob Polda Jabar yang terjun langsung ke TKP sekitar pukul 12.00 WIB, hampir satu jam setengah pihak unit penjinak bom mendeteksi benda yang mirip dan diduga bom rakitan tersebut.

“Dideteksi oleh tim penjinak bom, tidak ada unsur bahan peledak. Saya tegaskan lagi itu hanya lilitan kabel saja,” tegas Kapolres.

Selanjutnya, benda yang diduga bom rakitan tersebut langsung diamankan oleh tim penjinak bom dan di evakuasi menggunakan kendaraan khusus tim unit penjinak bom Polda Jabar.

Hingga berita diturunkan, petugas kepolisian bersenjata lengkap masih mengamankan TKP penemuan benda yang diduga mirip bom rakitan tersebut.

Sementara itu, disinggung terkait adanya orang yang diamankan oleh pihak kepolisian, Kapolres tidak membenarkan adanya orang yang diamankan atas penemuan benda yang diduga mirip bom rakitan.

“Tidak ada yang diamankan dan tidak ada yang dicurigai juga, karena tidak ditemukan bahan peledak dalam penemuan benda lilitan kabel yang semula diduga mirip bom rakitan seperti dugaan warga,” pungkasnya. (Cr1)