Wartawan Bingung, Konferensi Pers Satgas Corona Masih Enggan Jelaskan Meninggalnya Pejabat Disnaker Karawang

oleh -
Konferensi per Satgas Corona Percepatan Pencegahan Covid-19 Karawang, di Makodim Karawang, Minggu malam (29/3/2020).

BaskomNews.com – Satgas Corona Gugus Depan Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang menggelar konferensi pers di Makodim 06/04 Karawang, sekitar pukul 19.00 WIB, Minggu (29/3/2020).

Namun sayangnya, Satgas Corona terkesan masih enggan menjawab pertanyaan awak media mengenai kabar viral meninggalnya DA, pejabat Disnaker Karawang yang diduga terpapar Covid-19.

Sejumlah awak media yang hadir pun terlihat kebingungan dan kecewa. Karena mereka dilarang atau tidak boleh bertanya mengenai kepastian kabar meninggalnya almarhum DA, setelah Plt Kepala Dinas Kesehatan Karawang, dr. Nurdin Hidayat menyampaikan mengenai data perkembangan Covid-19 di Karawang.

“Pak… pak… mohon maaf bertanya mengenai kabar meninggal pejabat Disnaker hari ini,” tanya para awak media kepada dr. Nurdin Hidayat.

“Nanti ya besok akan disampaikan,” singkat dr. Nurdin, seraya pernyataannya ditegaskan oleh anggota Satgas Corona lain yang menyatakan tidak ada sesi pertanyaan dalam konferensi pers yang digelarnya.

Namun dalam konferensi pers ini, dr. Nurdin menjelaskan perkembangan kasus Covid-19 di Karawang pertanggal 29 Maret 2020. Yaitu dimana ada ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 818 orang. Sementara selesai pemantauan selama 14 hari yang tidak menimbulkan gelaja yang dikhawatirkan sebanyak 391 orang. Dan masih dalam pemantauan sebanyak 427 orang.

Adapun untuk kriteria PDP (Pasien Dalam Pengawasan), yaitu sebanyak 13 orang. Selesai pengawasan sebanyak 3 orang, serta masih dalam pengawasan sebanyak 9 orang.

Sementara untuk yang sudah terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 7 orang. Yaitu dimana semuanya merupakan hasil observasi dengan swab (proses pemeriksaan virus yang positif).

Disampaikannya, pemeriksaan lanjutan dilakukan rapid test melalui pemeriksaan darah. Yaitu dari 79 sampel yang diterima sesuai kriteria ODP dan PDP, sebanyak 6 orang dinyatakan positif Covid-19 sudah terkonfirmasi.

“Walaupun ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan selanjutnya. Tapi ini situasi terkini di Kabupaten Karawang,” terang dr. Nurdin, seraya tidak menjelaskan kenapa 1 pasien positif Covid-19 tidak terkonfirmasi, karena para awak media memang dilarang bertanya. (red)