50 Anggota DPRD Karawang Ikuti Rapid Test, Kang Pipik Minta Petugas Medis dan Jurnalis juga Diprioritaskan

oleh -

BaskomNews.com – Sebanyak 50 anggota DPRD Karawang mengikuti rapid test Covid-19 dengan metode drive thru, Jumat (27/3/2020).

Rapid test kepada para wakil rakyat ini dianggap penting. Pasalnya, mereka merupakan target pemeriksaan kategori B yang pernah berinteraksi langsung dengan 5 pasien Covid-19 di Karawang seperti Bupati Karawang dan beberapa kepala dinas.

Dikabarkan, tidak semua anggota DPRD Karawang mengikuti rapid test yang dilaksanakan di Puskesmas Karawang Kota ini. Karena sebagian anggota dewan dikabarkan melakukan pemeriksaan tes kesehatan secara mandiri.

Sampai saat ini, DPRD Karawang belum mengumumkan hasil rapid test yang sudah dilakukan. Namun demikian, DPRD Karawang memastikan jika ada wakil rakyat yang positif Covid-19, maka yang bersangkutan harus langsung dirawat dan mengisolasikan diri.

“Mudah-mudah semuanya negatif. Bila ada yang positif harus mau dirawat dan diisolasi agar virus corona tidak mewabah kepada yang lain,” tutur Sekretaris DPRD Karawang, Uus Hasanudin.

Di kesempatan terpisah, anggota DPRD Karawang Fraksi PDI Perjuangan, Taufik Ismail membenarkan kabar kegiatan rapid test untuk para wakil rakyat ini. Karena ia sendiri mengakui telah mengikuti pelaksanaan rapid test.

Meskipun bantuan alat rapid test dari Pemprov Jabar masih terbatas dan anggaran 15 miliar penanganan percepatan Covid-19 baru disetujui, Taufik Ismail meminta agar Pemkab melalui Dinas Kesehatan juga memprioritaskan rapid test selanjutnya untuk para petugas medis di rumah sakit dan para awak media yang selalu meliput kegiatan Pemda Karawang.

Terlebih, beberapa awak jurnalis Karawang mengakui pernah berinteraksi langsung dengan Bupati Karawang yang hari ini sudah dinyatakan positif Covid-19.

“Para pejabat, anggota DPRD, petugas medis dan awak media memang masuk kategori B. Karena mereka yang pernah berinteraksi langsung dengan pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19 hari ini. Khususnya interaksi di kegiatan Musda HIPMI Jabar di Hotel SwissBellin kemarin,” pungkas politisi yang kerap akrab disapa Kang Pipik ini. (red)