Wabup Jimmy Handle Tugas Bupati Cellica, 2,5 Miliar Dana BTT Digelontorkan untuk Penanganan Covid-19

oleh -

BaskomNews.com – Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) mengaku sudah diintruksikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk meng-handle tugas Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana dalam penanganan wabah Covid-19. Setelah Bupati Cellica dinyatakan positif terpapar wabah virus corona.

Kamis pagi (26/3/2020), Wabup Jimmy bersama Sekda Acep Jamhuri, Kadinkes Nurdin, serta Kapolres yang diwakili Kapolsek Karawang Kota, Kompol Iwan meninjau Rumah Sakit Hermina Karawang. Pasalnya, rumah sakit ini sudah menyetujui untuk dijadikan rumah sakit rujukan, guna menampung Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berat dan pasien positif Covid-19.

Untuk sarana dan prasarana, rumah sakit ini sudah siap melayani pasien.”Hermina dijadikan rumah sakit penampungan PDP berat dan positif. SDM dokter spesialis, perawat, fasilitas sudah lengkap semua,” tutur Wabup Jimmy, saat meninjau Rumah Sakit Hermina Karawang.

Dari hasil peninjauan, rumah sakit ini sudah menyiapkan 40 tempat tidur untuk PDP dan pasien positif corona. Dari informasi yang diterimanya, Wabup Jimmy menginformasikan jika OPD di Karawang sekitar 180 orang.

Wabup Jimmy juga menjelaskan, belum ada pembahasan khusus antara eksekutif dan legislatif Karawang mengenai anggaran penanganan covid-19. Namun demikian, akhirnya Pemkab Karawang menggelontorkan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar untuk percepatan penanganan Covid-19 di Karawang. Anggaran tersebut dialokasikan dari Biaya Tak Terduga (BTT).

“Karawang menyiapkan dana BTT 2,5 milyar untuk penanganan penyebaran Covid-19 di Karawang,” kata Wabup Jimmy.

Sementara, Sekda Karawang Acep Jamhuri menyampaikan, terkait perizinan Rumah Sakit Hermina akan segera diselesaikan. Mengingat rumah sakit tersebut merupakan rujukan yang ditunjuk dari pemerintah pusat.

“Perizinan minggu ini harus selesai baik di kabupaten maupun provinsi termasuk izin praktek dokter. Ini rujukan dari pusat, sudah siap semuanya, manajemen rumah sakit sudah semua di siapkan,” tandasnya. (red)