Tommy Soeharto Bangun Pasar Induk Modern dengan Investasti Ratusan Miliar di Cikampek

oleh -
Bupati Cellica dan Tommy Soeharto sesaat setelah melakukan peletakan batu pertama Pasar Induk Modern di Cikampek, Rabu (11/3/2020).

BaskomNews.com – Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto membangun pasar induk modern di wilayah Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang Jawa Barat. Ratusan miliar diinvestasikan oleh putra mantan Presiden Soeharto ini melalui PT Mandalapratama Permai.

Di atas lahan seluas 12 hektare, pasar induk modern ini dibangun mengusung tema zero waste. Yaitu diaman ia menjamin seluruh sampah yang dihasilkan dari pasar induk akan diolah menjadi biogas untuk kebutuhan energi.

Sesuai dengan perencanan, pasar induk modern ini akan menyediakan 4.264 kios dan dapat menyerap sekitar 14 ribu tenaga kerja. “Targetnya kurang dari 18 bulan ke depan sudah bisa beroperasi,” kata Tommy Soeharto, saat melakukan peletakan batu pertama bersama Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Rabu (11/3/2020).

Dijelaskannya, para pedagang di Pasar Induk Tanah Tinggi Tangerang dan Pasar Induk Cibitung Bekasi yang habis kontrak tahun depan nantinya akan berpindah ke pasar induk modern di Cikampek.
Diakuinya, pasar induk modern Cikampek dibangun di lokasi strategis untuk mengincar pasar dari wilayah Bandung, Jakarta dan Bekasi.

Sehingga, meski pasar induk modern baru akan dibangun, tetapi hingga kini sudah ada sekitar 2 ribu pedagang yang sudah memesan kios.

“Sudah ada sekitar 2 ribu kios yang di-booking. Tapi memang pembangunannya dibagi dua tahap. Tahap pertama untuk mengakomodir 2.500 pedagang. Sisanya tahap berikutnya,” kata Tommy, selaku Komisari PT Mandalapratama Permai.

Bupati Cellica mengungkapkan, pembangunan pasar induk di Cikampek ini nantinya akan menyerap ribuan pekerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat Karawang.

“Pembangunan pasar induk di lahan seluas 12 hektar ini tentu akan memberikan dampak positif pada pereknomian masyarakat Karawang, juga akan dibangun terminal baru seluas 2 hektar. Ini juga merupakan hal yang baik, pemerintah akan dukung,” ucap Bupati. (red)