Karawang Street Jam Gelar Pengobatan Gratis di Karangligar

oleh -
Suasana pengobatan gratis Karawang Street Jam di Karangligar.

BaskomNews.com – Meski banjir sudah surut di beberapa wilayah Kabupaten Karawang, namun kegiatan bakti sosial masih terus dilakukan oleh berbagai komunitas masyarakat. Salah satunya yang dilakukan oleh Karawang Street Jam (KSJ) yang melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Desa Karang Ligar Kecamatan Teluk Jambe Barat Kabupaten Karawang.

Karawang Street Jam merupakan gerakan lintas komunitas yang melakukan penggalangan donasi di Taman I Love Karawang depan Stadion Singaperbangsa Karawang setiap hari minggu pagi mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB.

“Karawang Street Jam merupakan gerakan sosial lintas komunitas yang melibatkan beberapa komunitas di Karawang, diantaranya Share Community, Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) Cabang Karawang, Komunitas Skateboard Karawang, Komunitas BMX Karawang, Komunitas Parkour Karawang dan dari lembaga mahasiswa diantaranya Fakultas Kesehatan Unsika Karawang, Stikes Kharisma serta STIE Budi Pertiwi dan masih banyak komunitas lainnya,” kata Eden Kusnaedi, SE, pembina dari gerakan KSJ.

Masih dikatakan Eden, KSJ secara khusus akan concern dalam kegiatan sosial untuk masyarakat. “Saat ini karena Karawang sedang ditimpa musibah banjir, jadi kami melakukan penggalangan donasi untuk korban Pasca Banjir, nanti dan seterusnya akan menyesuaikan dengan kebutuhan, misalnya galang donasi untuk anak yatim dan sebagainya,” tuturnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan di KSJ diantaranya penampilan akustik, pemeriksaan kesehatan gratis, Free Style BMX, Free Style Skate Board dan masih banyak lainnya.

“Sederhananya kami ingin komunitas-komunitas yang tergabung dalam gerakan KSJ ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui bakat dan skill mereka masing-masing. Selain itu, sengaja dilakukan di ruang publik agar masyarakat tahu eksistensi mereka dan memang mereka perlu diberikan ruang untuk berekspresi dan berkreasi,” tambah Eden.

Seiya Piantara, Member RJ Project band akustik yang menjadi bagian dari KSJ menuturkan, dirinya sangat mengapresiasi komunitas-komunitas yang tergabung dalam KSJ. “Selama ini, komunitas-komunitas yang ada di Karawang seolah tercerai berai dengan kegiatan masing-masing. Melalui KSJ ini, berbagai komunitas disatukan dalam frequensi yang sama, yaitu kegiatan sosial. Sehingga mereka dapat berkontribusi untuk masyarakat dan memiliki empati terhadap kondisi masyarakat yang membutuhkan bantuan,” tegasnya.

Salah satu perwakilan Mahasiswa Sahlal Hudaifi, Ketua BEM Fakultas Kesehatan Unsika, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menitipkan donasinya, baik melalui gerakan KSJ maupun dari civitas akademika Unsika Karawang.

“Alhamdulillah, hari ini kami sampaikan amanah dari semua pihak yang menitipkan donasinya dalam bentuk pengobatan gratis dan pembagian bahan pokok kepada masyarakat Desa Karang Ligar dan semoga bermanfaat,” tandasnya.

Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut diikuti tak kurang dari 100 orang warga Desa Karangligar. Bentuk kegiatannya adalah pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, pemeriksaan kesehatan umum beserta pemberian obatnya. Masyarakat juga diberi paket sembako berupa beras, mie instan, popok dan pembalut wanita.

Tim dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan dipimpin langsung oleh dr. Asep Hidayat Lukman, yang merupakan mantan Dirut RSUD Karawang yang kini menjadi direktur di salah satu rumah sakit swasta di Karawang.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan anak muda seperti ini. Apalagi ini dilakukan oleh lintas komunitas. Tentunya saya patut mendukung dan merasa bangga, semoga adik-adik saya ini bisa secara konsisten melakukan kebaikan-kebaikan untuk masyarakat kedepan melalui potensi masing-masing,” katanya.

Asep juga menambahkan, bahwa dirinya akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan sosial sejenis yang dilakukan oleh KSJ. “Insya Allah, saya akan selalu men-support kegiatan adik-adik saya ini selagi saya bisa dan sesuai dengan kompetensi saya. Terus lakukan dan jangan lelah berbuat baik,” pungkasnya.(rls)