Pertemuan Jimmy-Iswara Dianggap Biasa, Golkar Karawang Lebih Pilih Koalisi dengan Cellica

oleh -
Pengurus DPC Demokrat Karawang dan Pengurus DPD Golkar Karawang melakukan 'Salam Dua Periode' sebagai tanda kesepakatan mengusung Cellica Nurrachadiana di Pilkada Karawang.

BaskomNews.com – Adanya pertemuan antara Balonbup atau Ketua DPC PKB Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Kang Jimmy) dengan Ketua Bapilu Jabar, Banten dan DKI DPP Golkar, H. MQ. Iswara dianggap merupakan pertemuan biasa oleh DPD Golkar Karawang.

Golkar Karawang yang menilai pertemuan Jimmy-Iswara belum ada kesepakatan politik antara Golkar dengan PKB, akhirnya memutuskan akan lebih merekomendasikan koalisi dengan Cellica Nurrachadiana (Ketua DPC Demokrat Karawang).

Ketua DPD Golkar Karawang, Sukur Mulyono mengatakan, jika koalisi Golkar dengan Demokrat atas dasar kajian dan survei tinggi Cellica Nurrachadiana.

“Ini menindaklanjuti pertemuan semalam, ini bukan tiba-tiba. Semalam adalah puncak dari perjalan komunikasi panjang dengan Demokrat. Kita sudah melakukan kajian-kajian untuk menentukan koalisi ini dengan Demokrat dan patokanya adalah hasil survei Cellica yang sampai 72 persen,” kata Sukur Mulyono, dalam konferensi Pers di Kantor DPD Golkar Karawang, Jumat (14/02/2020).

Hasil dari pertemuan semalam, sambung Mulyono, DPD Golkar Karawang akan mengirimkan surat kesepakatan koalisi Golkar-Demokrat ini ke DPD Jawa Barat dan dilanjutkan ke DPP Golkar.

“Pertemuan semalem itu pengembalian formulir dan kesepakatan koalisi dan akan diteruskan ke DPD Jabar, seterusnya ke DPP Golkar. Kajian dan survei menjadi dasar koalisi ini yang memutuskan untuk berkoalisi dengan Demokrat,” katanya.

Namun sambung Mulyono, dirinya sebagai petugas partai akan patuh dan taat dengan hasil keputusan partai. Tetapi dirinya meyakini bahwa DPD dan DPP Golkar akan memberikan restu koalisi dengan Demokrat atas dasar kajian-kajian yang dilakukannya.

“Kita melakukan pengkajian-pengkajian bakal calon. Kita juga melihat pasar mana nih yang rame, kita mengkaji semua. Dan kita sepakat untuk untuk berkoalisi dengan Demokrat untuk mengusung Bu Cellica. Mulai hari ini kita berkoalialisi sudah terbentuk, tinggal kita bergerak semua,” kata Mulyono.

“Jika keputusan DPP berbeda, apapun keputusanya DPP saya akan patuh, taat  perintah apapun itu. Tetapi saya akan memberikan catatan, satu masukan kajian-kajian yang kami lakukan. Saya yakin Golkar partai professional akan melihat data-data, elektabilitas menjadi patokan untuk menentukan koalisi. Dan yang menjadin patokan survei. Insya Allah akan sejalan yang kita sampaikan ke DPD, DPP saya yakin akan sepakat,” timpalnya.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi saat mendampingi Cellica Nurrachadiana mengembalikan formulir ke DPD Golkar Karawang.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Karawang, Pendi Anwar menambahkan, pertemuan semalam untuk menyamakan persepsi dalam pilkada, dan menjadi puncak perjalan komunikasi politik yang panjang.

“Pertemuan semalem, selain mengembalikan formulir atas petunjuk DPD, DPP untuk mengusung Bu Cellica, juga untuk menyamakan persepsi Pilkada Karawang. Visi-misi menjadi sangat penting untuk cikal bakal RPJMD ke depan,” katanya.

Bahkan lanjut Pendi, dalam waktu dekat Demokrat akan melakukan hal yang sama dengan Partai NasDem. “Semalem itu mengembalikan formulir pendaftaran. Atas petunjuk DPD ataupu DPP untuk mengusung Bu Cellica. Ke depan kita juga harus cari pendamping, ini yang sedang kita jajaki. Dalam waktu dekat juga dengan NasDem,” papar Pendi.

“Setelah itu kita melaporkan ke tingkat tinggi DPD dan DPP. Saya bersyukur, terimaksih dengan Partai Golkar yang sudah selama ini secara silent melakukan komunikasi. Kalau belum pasti ngapain kami gembor-gembor ke masyarakat. Sebenaranya sudah tidak aneh koalisi dengan Golkar. Semoga ke depan menjadi koalisi permanen,” harapnya.

Diklaim Pendi, saat ini baru tiga partai yang sudah berkoalisi, yaitu Demokrat, Golkar dan NasDem. Tetapi, tidak menutup kemungkinan ke depan juga untuk parati-partai lain.

Untuk pasanganya sendiri, Demokrat baru akan membahasnya bersama. “Tentunya kaitan komunikasi politik keseluruhan parpol. Hari ini komunikasi masih kita lanjutkan dengan siapapun,” pungkasnya. (red)

BACA SEBELUMNYA : Jimmy Bertemu Ketua Bapilu DPP Golkar, Apakah Signal Koalisi PKB (Gerindra) + Golkar?