Enam Daerah Otonomi Baru di Jabar Sudah Penuhi Syarat Final

oleh -
Ridwan Kamil.

BaskomNews.com – Sebanyak 21 wilayah di Jawa Barat mengajukan usulan daerah otonomi baru (DOB). Enam daerah diantaranya bahkan sudah memenuhi persyaratan final. Meskipun demikian, usulan tersebut tidak bisa ditindaklanjuti karena pemerintah masih menahan moratorium DOB.

Enam daerah yang persyaratannya sudah terpenuhi itu adalah Garut Selatan, Sukabumi Utara, Bogor Barat, Bekasi Utara, Cianjur Selatan, dan Indramayu Barat.

“Prosedur persyaratannya sudah lengkap. Tinggal tunggu pintu moratorium terbuka, maka sudah bisa jadi DOB,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Jakarta.

Seperti diketahui, pemerintah pusat melakukan moratorium DOB sejak 2014. Berdasarkan penjelasan pemerintah pusat, Ridwan mengatakan, moratorium tersebut dilakukan karena banyak otonomi daerah yang gagal di daerah luar Jawa.

Ridwan sangat menyayangkan alasan tersebut, sebab DOB di Jawa Barat justru banyak yang berhasil. Misalnya saja Kota Banjar yang banyak mendapatkan penghargaan tata kelola daerah, Kabupaten Pangandaran memiliki pengangguran terendah di Jawa Barat, begitu juga dengan Kota Cimahi yang memiliki indeks pembangunan manusia lebib tinggi dari daerah asalnya Kabupaten Bandung.

“Jangan sampai kegagalan daerah di sebelah kiri, menyebabkan daerah-daerah di sebelah kanan yang berhasil, malah kena getahnya. Ini yang jadi riak kekecewaan politik di Jabar. Masalah moratorium harus dibahas secara adil,” tuturnya.

Menurut Ridwan, seharusnya daerah tingmat II di Jawa Barat sebanyak 47 kabupaten/kota jika dibandingkan dengan rasio jumlah penduduk di Jawa Timur. Karena saat ini Jawa Timur dengan jumlah penduduk 38 juta orang, memiliki 38 kabupaten/kota.

Dia menambahkan, DOB dapat meningkatkan kualitas pembangunan Jawa Barat. Selain itu, DOB juga merupakan salah satu solusi untuk menangani ketidakadilan politik dan fiskal yang saat ini menimpa Jabar.(PR)