Biaya Pemulasaran Jenazah sampai Jutaan, RSUD : Laporkan ke Bagian Pengaduan!

oleh -
RSUD Karawang.

BaskomNews.com – Kabar mengejutkan diterima redaksi BaskomNews.com, saat salah satu keluarga pasien RSUD Karawang mengeluhkan biaya pemulasaran (perawatan) jenazah yang mencapai Rp 1,7 juta rupiah.

Keluarga pasien ini mengaku ditawarkan oleh pihak RSUD Karawang, apakah jenazah keluarganya akan dimandikan dan dikafani oleh rumah sakit atau tidak. Kemudian, pihak rumah sakit menawarkan biaya pemandian jenazah Rp 1 juta dan biaya mengkafani Rp 700 ribu rupiah.

Karena merasa tidak memiliki uang, pihak keluaraga pasien akhirnya memutuskan untuk mengurus jenazahnya di rumah. Pasalnya, keluarga pasien mengaku untuk berobat di RSUD saja masih menggunakan ‘Kartu Karawang Sehat’.

Mendengar informasi ini, pemerhati pemerintahan Karawang Asep Agustian SH, MH langsung berang. Karena menurutnya, biaya pemulasaran jenazah sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) yang nominalnya tidak mencapai Rp 1 juta rupiah.

“Istighfar kalau memang benar adanya informasi itu. Selama ini masyarakat masih banyak mengeluhkan pelayanan di RSUD. Sudah sulit mendapat kamar, masa orang matipun juga dipersulit. Artinya, otomatis sakit mahal, mati juga mahal dong,” sindir Asep Agustian SH, MH Senin (27/1/2020).

Saat dikonfirmasi BaskomNews.com, Kasie Pengendali Operasional Pelayanan RSUD Karawang, Andi Senjayani terkesan tidak percaya atas informasi yang didapatkan BaskomNews.com tersebut.

Karena ditegaskannya, biaya pemulasaran jenazah sudah ada dalam Perbup yang nominalnya juga sudah diatur. Sehingga jika ada kabar biaya pemulasaran jenazah hingga jutaan rupiah, ia meminta untuk segera membuat laporan ke Bagian Pengaduan RSUD.

“Kalau ada faktanya, ada buktinya terkait kabar itu kita proses. Dan kita lebih seneng bikin laporan ke pengaduan RSUD, karena semua di sini sudah transparan, sudah terpampang dan segala pembayaran melalui kasir RSUD,” katanya, kepada BaskomNews.com, Senin (27/01/2020).

Adapun tarif biaya pemulasan jenazah di RSUD Karawang berdasarkan Perbub adalah sebagai berikut : Pemulasaran jenazah muslim dewasa Rp 500.000,-/ Non Muslim Rp 450.000,-. Pemulasaran jenazah anak Rp 400.000,- Pemulasaran jenazah HIV/penyakit menular Rp 1.000.000,-. (red)