Kapolda Turun Tangan Atasi Dua Ormas Bentrok di Sukabumi, Situasi Kembali Normal

oleh -

BaskomNews.com – Kendati personil gabungan masih terus melakukan penjagaan diseputar lokasi pasca bentrokan dua ormas berbeda di Kampung Cisero, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Sabtu 25 Januari 2020, tapi sebagian besar personil keamanan dari unsur Brimob, TNI dan Polres Sujabumi telah di tarik ke Mako Polres Sukabumi Kota di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Penarikan personil seiring kedua ormas telah membubarkan diri dari aksi bentrokan setelah Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi turun tangan. Didampingi Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo mendatangi kedua massa yang berseteru.

Dia menghimbau agar ratusan massa dari Sapu Jagat dan BPPKB diminta untuk membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing.

Perselisihan tidak hanya membuat warga disekitar lokasi diliputi rasa mencekam. Juga bentrokan yang mengakibatkan tiga orang mengalami luka-luka serius, mengganggu aktivitas warga.

“Kami menjamin situasi keamanan kembali normal. Apalagi seluruh kedua kelompok massa telah Membubarkan diri, sehingga tidak terjadi konsentrasi massa. Suasana di sekitar kawasan terjadi bentrokan telah kembali kondusif,” kata Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo.

Wisnu Prabowo mengatakan tidak hanya massa kembali ke rumah masing-masing. Tapi sebagian besar personil telah ditarik ke induk kesatuan masing-masing.” seluruh personil telah meninggalkan lokasi bentrokan,” katanya.

Begitupun bentrok kedua massa yang menyebabkan arus kendaraan terganggu, kata Wisnu Prabowo, kini telah berjalan normal kembali. Sebelumnya, arus lalulintas di Jalan Nasional dari arah Sukalarang menuju Kota Sukabumi dialihkan melalui jalan Tegal Panjang Sukalarang begitu juga sebaliknya menuju Cianjur.

“Tapi kini para pengguna kendaraan dapat kembali melakukan aktivitas sedia kala. Arus kendaraan telah kembali normal tidak lagi melintasi jalan alternatif melalui Jalan Kampung Tugu Pasir Halang Kecamatan Sukaraja,” katanya.

Wisnu Prabowo mengatakan bentrokan diduga akibat kesalah pahaman. Untuk meredam aksi bentrokan tidak hanya mengeratkan personil Mapolres Sukabumi Kota dan Kodim 0607 Sukabumi Kota. Tapi personil Mapolres Cianjur dan Mapolres Sukabumi turut dilibatkan melakukan pengamanan. (PR)