Bukan Hanya Soal Rebutan Limbah, ini Penyebab Bentrok LSM vs Ormas di Cikampek

oleh -

BaskomNews.com – Pasca terjadinya insiden bentrok LSM vs Ormas di bawah jembatan fly over Cikampek pada Senin (20/1/2020) kemarin, belakangan diketahui asal muasal atau penyebab bentroknya anggota NKRI dengan Pemuda Pancasila tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BaskomNews.com, insiden bentrok LSM NKRI vs Ormas Pemuda Pancasila ini bukan hanya dilatarbelakangi rebutan usaha pengelolaan limbah di salah satu perusahaan di KIIC.

Lebih dari itu, bentrok NKRI vs Pemuda Pancasila ini diduga kuat lantaran ‘faktor ketersinggungan’. Pasalnya, disebutkan ada salah satu anggota LSM NKRI yang dianggap melakukan provokasi dengan cara membuat video pendek yang diunggah di media sosial.

Dalam video tersebut, salah satu anggota NKRI dianggap mengeluarkan pernyataan yang menyinggung Ormas Pemuda Pancasila. Sehingga Pemuda Pancasila yang merasa tersinggung menyimpulkan isi pembicaraan dalam videonya merupakan bentuk ‘tantangan’.

Dugaan publik ini ternyata senada dengan laporan Danramil 0406/Cikampek, Kapten Inf Suryadi yang diterima awak media. Ini kronologis lengkap laporannya :

Kepada Yth : Dandim 0604/ Karawang

Dari : Danramil 0406/Cikampek

Perihal :  Adanya vidio oknun anggota LSM  yang viral di medsos.

Assalamualaikum wr. wb

Selamat Siang Komandan izin menginformasikan beredarnya vidio oknum LSM NKRI ( mengaku An. KOAS asal Parakan ) menantang Ormas PP sehingga viral.

  1. Seorang oknum mengaku anggota LSM NKRI bernama KOAS asal Parakan Kec. Tirtamulya, mengunggah vidio dimedsos, isinya menantang Ormas PP sehingga viral.
  2. Dengan viralnya vidio tersebut Ormas PP  PAC Cikampek menjadi berang, pada hari Senin tanggal 20 Januari  2020 sejak pagi hari, sekitar -+ 25 orang anggota PP Cikampek sudah berkumpul di Terminal Cikampek.
  3. Ketua PAC PP Cikampek Sdr. Cecep diundang ke polsek, Ketua PAC meminta kepada pihak Polsek untuk menangkap orang yang di vidio tersebut.. Panit Intel menyarankan agar dilakukan mediasi namun dari pihah Ormas PP tidak mau, dijelaskan bahwa untuk dilakukan penangkapan Polisi harus punya Dasar yaitu Laporan Polisi, oleh karena itu Ormas PP akan membuat LP saja. Kemudian disarankan membuat LP di Polres.
  4. Atas saran dari Panit Intelkam mereka menerimanya dan akan membuat LP ke Polres Karawang.

Upaya Polsek Cikampek :

  1. Dengan adanya kejadian tersebut anggota piket fungsi dipimpin oleh Panit Intelkan bersama Babinsa dan Babinkamtibmas Cikampek Kota menandatangani Lokasi ( Terminal Bus Cikampek ).
  2. Memberikan solusi untuk mediasi, namun Ketua PAC PP dan anggota nya memilih akan membuat LP  dan disarankan kalau memang akan membuat LP di Polres saja, mereka menerimanya.
  3. Sekitar  jam 11.00 wib. Ormas PP dipimpin oleh Ketuanya Sdr. CECEP beràngkat ke Polres Karawang untuk membuat LP dan di area terminal sdh tidak ada lagi anggota Ormas PP.
  4. Pesan dari Panit Intelkan agar  dapat menjaga ketertiban di jalandan agar dapat menjaga mondusifitas Cikampek, mereka menyanggupinya.
  5. Sampai saat ini di lokasi Terminal terus dilakukan pemantauan oleh anggota Polsek Cikampek dan Babinsa Cikampek Kota 

Demikian yang dapat kami informasikan, sampai saat ini situasi dalam keadaan aman terkendali

Wassalamualikum wr. wb

Danramil 0406/Cikampek Kapten Inf Suryadi

(red/BaskomNews)

BACA SEBELUMNYA : Bentrok LSM vs Ormas di Cikampek, 19 Orang Diamankan Polres Karawang