Komisi I Tegaskan Panitia Harus Netral di Pilkades Pebruari Mendatang

oleh -
Danu Hamidi.

BaskomNews.com – Selain diharapkan berjalan kondusif, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Karawang yang akan digelar pada Pebruari 2020 mendatang juga diharapkan berjalan jujur dan adil.

Oleh karenanya, panitia penyelenggara Pilkades didorong harus benar-benar mampu mengedepankan sikap netralitas, tanpa memihak kepada salah satu calon kades.

“Panitia harus melaksanakan Pilkades sesuai Perda dan Perbup, serta Juklak dan Juknisnya. Sosialisasi data calon harus valid. Panitia atau penyelenggara dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten tidak boleh berpihak kepada salah satu calon,” ujar Danu Hamidi, Wakil Ketua Komisi I DPRD Karawang, kepada BaskomNews.com, Selasa (14/1/2020).

Untuk menghindari terjadi keributan di penyelenggaraan Pilkades, Danu meminta kerjasama dari semua pihak dalam mensukseskan Pilkades serentak di Kabupaten karawang.

“Perlu adanya kerjasama seluruh stakeholder. Sosialisasi tanda gambar dan surat suara yang sah dan tidak sah terhadap para calon saksi harus jelas,” tegasnya.

Dijelaskan Danu, dalam Pilkades serentak yang akan digelar Februari 2020 mendatang tidak dianggrakan untuk pemilihan ulang. Artinya, seluruh masyarakat harus saling menjaga, demi terselenggaranya Pilkades yang aman dan tentram, serta terwujudnya Pilkades yang jujur dan adil.

“Untuk tidak terjadinya Pilkades yang diulang karena jumlah suara yang sama, panitia harus membua porter perdusun. Hal ini juga sudah sesuai Perda tentang desa Pasal 65, terkait perolehan suara apabila jumlah suaranya sama,” pungkas Danu. (red)