Cegah Tawuran Pelajar, Kepsek di Karawang Tandatangani Pakta Integritas

oleh -

BaskomNews.com – Untuk mencegah terjadinya aksi tawuran antar pelajar, kepala sekolah SMP negeri dan swasta di Kabupaten Karawang Jawa Barat dikumpulkan untuk menandatangani pakta integritas bersama unsur kepolisian dan TNI.

Penandatanganan pakta integritas ini dilakukan pasca kembali terjadinya aksi tawuran antar pelajar, yaitu antara pelajar SMPN 1 Telukjambe Timur, SMP Nusantara dan SMP Tunas Utama pada Rabu lalu (8/1/2020).

Bukan hanya itu, pasca kejadian aksi tawuran antar pelajar yang kepergok warga membawa senjata tajam ini, beberapa guru atau pihak sekolah terkait juga dipanggil langsung oleh Bupati Karawang untuk dilakukan mediasi pada Kamis (9/1/2020).

Sementara itu, penandatanganan pakta integritas ini sendiri dilakukan di SMP Negri 1 Telukjambe Timur, usaI mengikuti Upacara Bendera Bersama siswa dan guru yang dipimpin langsung oleh Kapolres Karawang AKBP Arif Rachman Arifin,S.Ik MH. Senin (13/1/2020).

Dalam arahannya di depan para kepala sekolah, Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurra hadiana menegaskan, bahwa dengan pakta integritas ini semua telah bersepakat untuk menyelesaikan persoalan sekolah seperti tawuran antar pelajar, peredaran narkoba dan miras tidak boleh lagi ada dan terjadi di lingkungan sekolah.

Langkah pencegahan ini bisa dilakukan dengan cara memberikan dan menanamkan ideologi dan kecintaan mereka terhadap Pancasila, orang tua maupun sekolah. “Dengan pakta integritas ini, kita sepakat selesaikan persoalan di sekolah,” tutur Bupati Cellica.

Dalam acara tersebut, seluruh kepala sekolah yang hadir berkomitmen untuk bersama-sama mencegah tawuran atau perkelahian antar pelajar dengan melakukan pengawasan yang ketat terhadap anak didik masing-masing dan melakukan tindakan yang tegas bagi siswa yang melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. (red)

BACA SEBELUMNYA : Siswa SMP di Karawang Tawuran Lagi, Bupati Panggil Gurunya untuk Mediasi