6 Wisatawan di Pangandaran Keracunan Makanan

oleh -

BaskomNews.com – Sejumlah wisatawan yang sedang berlibur di Pangandaran, Jawa Barat mengalami keracunan massal setelah menyantap makanan yang dibawa dari Jakarta.

Salah satu korban yang mengalami keracunan Lilis (45) warga Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung mengatakan, akibat keracunan massal tersebut, sebanyak enam orang harus mendapat penanganan medis. “Kami datang ke Pangandaran sekitar 40 orang menggunakan bus,” kata Lilis, dilansir dari SindoNews, Selasa (31/12/2019).

Lilis menambahkan, rombongan berangkat dari Jakarta pada Senin (30/12/2019) pukul 05.00 WIB dan sampai di Pangandaran sekitar pukul 16.00 WIB. “Sekitar pukul 17.00 WIB rombongan makan bersama, makanan yang kami makan bukan dibeli di Pangandaran, tetapi diambil dari Jakarta,” kata Lilis.

Sekitat pukul 19.00 WIB, rombongan mengalami pusing kepala hingga muntah dan buang air besar. “Enam dari 40 orang yang keracunan harus dirawat di puskesmas,” ujar Lilis.

Lilis menjelaskan, makanan yang dikonsumsi rombongan di antaranya nasi bungkus yang ditimbel, telur ayam balado, tumis tempe, jengkol, cumi oseng cabai, dan ayam goreng. “Seketika setelah selesai makan, seluruh rombongan mengalami, mual, pusing bahkan hingga buang air besar,” paparnya.

Wisatawan yang harus dirawat di puskesmas yakni Asep (49), Lia (45), Rizky (16), Tasya (17), Lilis (45), Irma (28).

Salah satu petugas kesehatan di Kabupaten Pangandaran Yuyu mengatakan, dari enam orang wisatawan yang dirawat, dua orang sudah dipulangkan dan empat orang masih dirawat menunggu hingga kondisinya pulih. “Dari keenam orang yang dirawat, ada salah satu wanita yang dalam kondisi hamil,” kata Yuyu.

Yuyu menambahkan, pihak Puksesmas Pangandaran belum mengetahui penyebab dari keracunan massal tersebut. “Kemungkinan besar keracunan akibat dari makanan yang dikonsumsi karena terlalu lama disimpan,” terang Yuyu. (red)