Liverpool Angkat Trofi Piala Dunia Antarklub 2019

oleh -

BaskomNews.com – Liverpool berhasil memenangi gelar Piala Dunia Antarklub 2019 usai mengalahkan Flamengo dengan skor 1-0. Bertanding di Khalifa International Stadium, Minggu (22/12/2019), Roberto Firmino menjadi pahlawan The Reds dengan golnya di babak tambahan.

Baru satu menit laga berjalan, Roberto Firmino sudah menebar ancaman ke gawang Flamengo. Bekerjasama dengan Jordan Henderson, penyerang asal Brasil itu men-chip bola ke atas gawang Diego Alves yang sayangnya tidak berbuah gol.

Lima menit berselang, giliran Trent Alexander-Arnold yang memiliki peluang. Akselerasi bek kanan itu dituntaskannya dengan sebuah tendangan keras, namun bola menyamping tipis di tiang jauh.

Setelah panas di awal laga, Liverpool mengendurkan serangan. Flamengo yang berupaya mendikte jalannya pertandingan sesekali berhasil menembus pertahanan The Reds.

Menghadapi lawan dari Amerika Selatan benar-benar membuat Liverpool canggung. Meski sempat menebar ancaman di awal babak pertama, anak asuh Jurgen Klopp mulai furtrasi membobol gawang Flamengo.

Flamengo, di sisi lain, sebenarnya memiliki gaya permainan Eropa yang cukup kental. Perpaduan dengan style Latin membuat Liverpool kesulitan menerka alternatif serangan lawan.

Sepanjang babak pertama, Flamengo bahkan sebetulnya berhasil membuat lebih banyak peluang ketimbang Liverpool. Akan tetapi, hingga jeda pertandingan, skor kaca mata bertahan.

Lagi, Liverpool langsung memulai laga pasca kick-off dengan peluang emas. Lagi-lagi, kerjasama Firmino dengan Henderson yang memegang peran, namun bola menerpa tiang gawang Alves.

Menit 47′, Mohamed Salah nyaris membuka keunggulan. Menerima umpan Alexander-Arnold, Salah sukses mengecoh Alves, tetapi bola tendangannya hanya menerpa sisi gawang Flamengo.

Striker pinjaman dari Inter Milan, Gabriel Barbosa berpeluang mengubah papan skor menit 53′. Memanfaatkan kesalahan Alexander-Arnold, Barbosa melepaskan tendangan yang masih bisa diadang Alisson Becker.

Empat menit jelang waktu normal berakhir, Henderson hampir menggetarkan gawang Flamengo. Kerjasama apik antara dirinya dengan Salah membuat Alves harus terbang guna mencegah bola masuk ke gawangnya.

Memasuki masa injury time, wasit menunjuk titik putih usai Sadio Mane dijatuhkan oleh Vintinho. Namun, VAR menyatakan insiden tersebut bersih dan kartu kuning yang diterima Vitinho ditarik.

Hingga waktu normal selesai dan tambahan lima menit berlalu, skor masih tanpa gol. Pertandingan Liverpool dan Flamengo dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Gol yang dinanti publik Khalifa International Stadium akhirnya tersaji sembilan menit pasca babak tambahan dimulai. Firmino dengan elegan menceploskan bola ke gawang Diego Alves.

Usai gol tersebut, Liverpool makin gencar mencecar gawang Flamengo. Dua menit pasca gol Firmino, Salah hampir menambah keunggulan andai Alves tidak sanggup menahan tendangan keras pemain asal Mesir itu.

Hingga akhir laga, tak ada lagi gol tercipta. Liverpool berpesta, respek buat Flamengo yang memaksa sang jawara Eropa bermain hingga 120 menit. The Reds unggul 1-0 dan sukses meraih titel Piala Dunia Antarklub 2019. (Bola.com)