ASN Pemkab Subang Ditangkap Polisi Gegara Konsumsi Sabu

oleh -

BaskomNews.com – Selama operasi antik, Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Subang berhasil mengamankan 12 tersangka pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu dan ganja. Dari 12 orang itu, satu di antaranya Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tersangka yang berstatus ASN ini bekerja di lingkungan Pemkab Subang. Yang bersangkutan ditangkap saat melakukan transaksi pembelian sabu di wilayah Pantura,” kata Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani, Jumat (13/12/2019).

Polisi merahasiakan identitas ASN yang menjadi tersangka tersebut, termasuk alamatnya. Namun, tersangka ASN ini merupakan pemakai sabu, bukan pengedar.

Penagkapan terhadap oknum ASN ini dilakukan saat petugas dari Satnarkoba Polres Subang mengembangkan kasus narkoba yang sedang ditangani. “Dari tangan tersangka bersatus ASN ini kami mengamankan barang bukti sabu seberat 0,05 gram,” ujar Kapolres.

Sementara, dari 11 tersangka yang ditangkap itu ada yang berperan sebagai pengedar dan pemakai. Barang bukti yang diamankan dari 12 tersangka, yakni 16,29 gram sabu dan 11,7 gram ganja.

Menurut Teddy, modus tersangka sabu melakukan transaksi dilakukan dengan cara menempelkan barang haram itu di tiang atau tembok sesuai kesepakatan dengan pemesan.

Kemudian sabu-sabu diambil oleh si pembeli. “Barang haram itu biasanya dipesan melalui handphone. Pembayaranya bisa dilakukan tunai atau tranfer,” tutur Teddy.

Untuk mempertangungjawabkan perbuatannya, ungkap Teddy, para tersangka masing-masing dijerat Pasal 114 ayat (1) dan (2) untuk penyalahgunaan sabu, dengan ancaman penjara minimal enam tahun dan maksimal 20 tahun penjara atau seumur hidup.

Sedangkan penyalahgunaan ganja dijerat pasal 111 ayat (1) dengan ancama minimal 4 tahun dan atau paling lama 12 tahun penjara. “Ke 12 tersaka narkoba ini akan segera disidangkan dalam waktu dekat ini,” pungkas Kapolres. (Sindo)