Amankan Tiket Semifinal Setelah Tundukan Laos 4-0

oleh -

BaskomNews.com – Tim nasional Indonesia U-22 mengamankan tiket semifinal setelah menundukkan Laos dengan skor 4-0, dalam pertandingan terakhir Grup B SEA Games 2019, Kamis.

Tambahan tiga poin membawa Indonesia naik ke peringkat kedua klasemen akhir, setelah pada pertandingan yang dimainkan dalam waktu berbarengan Vietnam bermain imbang 2-2 dengan Thailand.

Pada klasemen akhir, Vietnam menjadi juara grup dengan 13 poin, Indonesia di peringkat kedua dengan 12 poin, sedangkan Thailand di peringkat ketiga dengan 10 poin.

Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup A Myanmar pada semifinal yang dimainkan Sabtu (7/12) sore. Sedangkan Vietnam akan bertemu Kamboja pada hari yang sama.

Garuda Muda membuka keunggulan saat pertandingan baru berlangsung lima menit melalui gol Saddil Ramdani,seperti dipantau dari siaran langsung.

Saat itu posisi Indonesia belum aman karena Thailand sedang unggul dua gol atas Vietnam berkat gol Supachai Jaided dan Suphanat Mueanta. Keunggulan yang membawa Thailand untuk sementara memuncaki klasemen grup.

Namun, Vietnam mampu memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-15 melalui gol Nguyen Tien Linh. Gol itu membawa Vietnam kembali ke puncak klasemen Grup B.

Indonesia kembali membobol gawang Laos pada menit ke-47, kali ini melalui upaya Osvaldo Haay. Gol tersebut sekaligus membawa Indonesia menggeser Vietnam untuk turun ke peringkat kedua.

Vietnam kemudian mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui eksekusi penalti Nguyen Tien Linh. Gol yang mengembalikan Vietnam ke posisi teratas klasemen.

Indonesia memperbesar keunggulan mereka atas Laos berkat eksekusi penalti kapten Andy Setyo. Penalti itu sempat diulang, namun Andy mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Menjelang pertandingan usai, Osvaldo mengemas gol keduanya di pertandingan ini. Untuk memastikan keunggulan besar Indonesia atas Laos, sekaligus mengamankan jalan ke semifinal.

Thailand yang merupakan juara bertahan medali emas sepak bola SEA Games harus pulang lebih awal karena hanya berada di peringkat ketiga. (Antara)