Napoli Tunda Kelolosan Liverpool di Babak Penyisihan

oleh -

BaskomNews.com – Napoli bermain seri di Stadion Anfield, Inggris, pada Rabu setempat (Kamis WIB), dengan skor 1-1 dalam laga kelima penyisihan Grup E Liga Champions sehingga menunda kepastian Liverpool lolos ke babak 16 besar.

Liverpool yang tampil dominan kecolongan gol Dries Mertens dan mereka cuma bisa membalas lewat Dejan Lovren, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu tak mengubah posisi kedua tim di klasemen, Liverpool masih di puncak dengan 10 poin, unggul satu poin atas Napoli (9) di urutan kedua.

Namun, sang juara bertahan kini harus menentukan nasibnya dalam laga pemungkas di markas Red Bull Salzburg dua pekan lagi, sedangkan Napoli “cuma” perlu menghadapi tim juru kunci KRC Genk.

Liverpool yang berusaha menguasai jalannya pertandingan harus kehilangan Fabinho saat laga baru berjalan 14 menit ketika legiun Brazil itu cedera setelah berbenturan dengan Hirving Lozano.

Lima menit kemudian, gawang Liverpool malah kebobolan ketika lini pertahanan mereka gagal mendeteksi pergerakan Mertens yang jadi sasaran umpan lambung Giovanni Di Lorenzo.

Mertens merangsek ke dalam kotak penalti sebelum memperdaya kiper Alisson Becker dengan tembakan ke area tiang jauh.

Tuan rumah berusaha membalas namun sundulan Virgil van Dijk masih mengarah tepat ke pelukan kiper Alex Meret pada menit ke-36.

Meret juga memperlihatkan reaksi cemerlang saat James Milner memperoleh peluang di area tiang dekat di pengujung babak pertama demi menjaga keunggulan Napoli hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Liverpool terus menggempur pertahanan Napoli dan Roberto Firmino memperoleh peluang saat ia memanfaatkan kemelut di tengah kotak penalti dan Meret terlanjur meninggalkan sarangnya, sayang tembakannya masih bisa dihalau Kalidou Koulibaly sebelum bola melewati garis gawang.

Pada menit ke-65 gol yang ditunggu-tunggu Liverpool akhirnya tercipta lewat sepak pojok yang dikirimkan Milner dan disambut tandukan tajam Lovren tak jauh dari garis kotak penalti.

Napoli terus menumpuk pertahanan mereka tebal-tebal, sebagaimana mereka lakukan sepanjang laga demi menjaga satu poin penting yang jelas dibutuhkan untuk memperkuat asa lolos.

Skor 1-1 terus bertahan dan insiden dorongan Andy Robertson terhadap Di Lorenzo pada menit pertama injury time dimanfaatkan betul oleh para pemain Napoli demi mengulur waktu. Strategi itu mujarab demi menjaga kedudukan 1-1 hingga peluit tanda laga usai berbunyi dan Napoli membawa pulang satu poin dari Anfield. (Antara)