Gabungan Parpol Non-Parlemen akan Buka Penjaringan Balonbup Terbuka

oleh -

BaskomNews.com – Gabungan parpol non parlemen di Kabupaten Karawang Jawa Barat berencana akan melakukan penjaringan terbuka Balonbup-BalonWabup Pilkada Karawang 2020 mendatang. Agenda politik parpol non parlemen ini akan digelar pasca mendeklarasikan diri pada pertengahan Desember 2019 dengan bentukan ‘Koalisi Karawang Unggul Pilkada 2020’.

Adapun parpol non parlemen di Karawang yang akan mendeklarasikan diri tersebut diantaranya PSI, Partai Perindo, Partai Berkarya, Partai Garuda dan PKPI.

Kesepahaman agenda politik parpol non parlemen ini ditandatangani para ketua parpol koaliasi di kantor Sekretariat DPD Partai Perindo Karawang, di Ruko Perumahan Gading Elok Karawang Timur, Minggu (24/11/2019) malam.

Ketua PSI Karawang, Romadhoni mengatakan, pembentukan koalisi ini bukan tanpa alasan. Selain agar bisa mengikuti konstelasi Pilkada, juga agar mesin partai yang selama ini berjalan tetap terjaga. Sehingga tetap akan memberikan kontribusi untuk pembangunan dan kemajuan di Karawang. “Inilah ide dasar kita dalam membentuk koalisi Karawang Unggul menuju Pilkada,” kata Romadhoni, kepada BaskomNews.com.

Dhoni (sapaan akrab) menjelaskan, dari gabungan lima partai politik ini, jika dijumlahnya suara sahnya mendapatkan 15 persen, bahkan sebenarnya bisa mencapai satu fraksi, sehingga memenuhi syarat untuk mengajukan calon bupati dan calon wakil bupati Pilkada Karawang 2020. Terlebih ditegaskan Dhoni, Koalisi Karawang Unggul ini juga segera akan menjalin komunikasi politik dengan beberapa parpol yang memiliki kursi di DPRD Karawang.

“Saat ini semuanya sepakat untuk membangun komitmen dan kesepahaman koalisi non parlemen dan tanda tangan oleh para petinggi partai” timpalnya.

Adapun mengenai nama-nama calon yang akan diusung, Dhoni menjelaskan, saat ini masing-masing parpol sedang mengodok dan menyiapkan kader-kader terbaiknya. Namun begitu, nanti tetap membuka calon dari non kader partai.

“Untuk penjaringan calon Karawang 1 dan Karawang 2 akan dilakukan setelah secara resmi deklarasi Koalisi Karawang Unggul yang akan dideklarsikan pertengahan Desember 2019 nanti,” pungkasnya. (red)