FORDAS Cilamaya Berbunga Data Masyarakat Subang-Purwakarta Terkena Dampak

oleh -

BaskomNews.com – Perjuangan FORDAS Cilamaya Berbunga dalam mengembalikan kondisi air Sungai Cilamaya yang sudah tercemar limbah industri terus berlanjut.

FORDAS Cilamaya Berbunga bukan hanya mendata masyarakat Karawang di sekitar Sungai Cilamaya yang terkena dampak. Masyarakat terkena dampak di Kabupaten Subang dan Purwakarta juga ikut didata.

“Alhamdulillah satu minggu ini, kami FORDAS Cilamaya Berbunga mendata masyarakat, baik di Purwakarta maupun Subang yang tercemar limbah berbahaya industri di daerah aliran Sungai Cilamaya. Masyarakat antusias didatangi oleh para Relawan FORDAS Cilamaya Berbunga,” tutur Deni Pratana, Presedium FORDAS Cilamaya Berbunga, Rabu (20/11/2019).

Untuk wilayah Karawang, kata Deni, desa yang teraliri Sungai Cilamaya yaitu ada di Kecamatan Cilamaya Wetan, Banyusari dan Jatisari.

Deni juga menjelaskan, pendataan laporan masyarakat ini penting sebagai pro justitia, sehingga gerakan ini lebih argumentatif di mata hukum.

“Yang lebih bersyukur lagi, kepala desa yang berada di daerah aliran Sungai Cilamaya sangat responsif dan mendukung gerakan FORDAS Cilamaya Berbunga yang tak kenal lelah selama 3 bulan ini,” katanya.

Dalam waktu dekat, kamis depan FORDAS Cilamaya Berbunga akan diterima oleh Bupati Purwakarta. Sementara pada hari jumatnya, FORDAS Cilamaya Berbunga akan diberpetmukan dengan Dirjen Pencemaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kalriansyah.

“Semoga seger ada jalan keluarnya dalam mengurai persoalan Sungai Cilamaya yang sudah tercemar ini,” tandas Deni. (red)