Eksekusi Pasar Cikampek 1 dari PT ALS Batal Lagi

oleh -
Sekretaris Disperindagtamben Karawang, Rakhmat Gunadi saat meninjau situasi Pasar Cikampek 1, Kamis (7/11/2019). (foto dok)

BaskomNews.com – Meskipun surat somasi atau surat teguran 3 dari Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana sudah dilayangkan, namun rencana eksekusi atau ambil alih pengelolaan Pasar Cikampek 1 dari PT Aditya Laksana Sejahtera (ALS) kembali batal dilakukan pemkab.

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi alasan mendasar Pemkab Karawang, sehingga agenda eksekusi Pasar Cikampek 1 dari PT ALS yang sudah direncanakan seminggu lalu ini kembali batal dilaksanakan.

Saat dikonfirmasi BaskomNews.com, Sekretaris Disperindagtamben Karawang, Rahmat Gunadi mengakui, jika rencana awal eksekusi Pasar Cikampek 1 dari PT ALS ini urung dilaksanakan pada hari ini Selasa (19/11/2019).

Namun ditegaskan Gunadi, pada Rabu (20/11/2019) siang, dirinya tetap akan mendatangi Pasar Cikampek 1 untuk membuat/menunjuk kios Pasar Cikampek 1 supaya dijadikan Posko Pengelolaan Sementara Pasar Cikampek 1 oleh pemkab (Disperindagtamben). Satu kios lagi juga akan dibuka sebagai Pos Pengamanan Pasar Cikampek 1.

“Eksekusi memang tidak jadi dilakukan. Tapi besok saya tetap akan ke pasar untuk membuka pos pengelolaan sementara dan pos pengamanan pasar, agar para pedagang tidak lagi setor ke ALS maupun ke Celebes (PT Celebes Natural Propertindo),” kata Rahmat Gunadi.

Ditegaskan Gunadi, dengan terbitnya surat pengadilan dan Mahkamah Agung, dapat dipastikan jika PT ALS sudah tidak memiliki kewenangan lagi untuk mengelola Pasar Cikampek 1. Begitupun dengan PT Celebes Natural Propertindo yang sudah menyerahkan pengelolaan Pasar Cikampek 1 ke pemkab, maka sudah tidak ada kewenangan lagi bagi keduanya untuk mengelola pasar.

“Meskipun untuk sementara eksekusi batal, tapi upaya untuk meng-clear-kan pengelolaan pasar dari ALS ataupun Celebes tetap akan kita lakukan. Sambil menunggu perintah pimpinan (bupati) kapan pastinya eksekusi akan dilakukan,” timpal Gunadi.

Adapun mengenai persoalan klaim PT ALS yang masih berhak mengelola Pasar Cikampek 1, Gunadi mengaku tidak mau terlalu memikirkannya. Yang pasti kata Gunadi, jika nanti PT ALS merasa dirugikan atas eksekusi yang dilakukan, maka yang bersangkutan bisa melakukan gugatan kembali ke pengadilan.

“Hari ini yang terpenting bagi pemkab adalah bagaimana caranya pengelolaan pasar clear and clean dari keduanya (ALS maupun Celebes). Kalau pasar sudah dikelola kembali pemkab, maka langkah selanjutnya kita akan kembali melakukan verifikasi kios para pedagang,” tandas Gunadi. (red)

BACA SEBELUMNYA : Minggu Depan Sekda Acep akan Pimpin Langsung Eksekusi Pasar Cikampek 1