Ayam Jago Karawang Jadi Jawara di Event Nasional

oleh -
PPKAN Karawang.

BaskomNews.com – Ayam jago Kabupaten Karawang memang tidak bisa dianggap remeh lagi. Terbukti, dengan prestasi yang diraih dalam event nasional Big Turnamen Antar DPC se-Indonesia yang digelar pada 6 Oktober 2019, di Big Stadium PPAKN Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Perkumpulan Penghobi Ayam Kontes Nusantara (PPAKN) Karawang berhasil menjadi juara 1, dengan mengalahkan DPC Salatiga di putaran final.

“Bukan hasil yang mudah bagi kami untuk mencapai prestasi ini. Persiapan kami tidak main-main, kami lakukan seleksi dari tiap daerah. Kami pun menemukan bakat-bakat terbaik dari tiap-tiap daerah di Karawang,” kata Cang Ronie, Pembina PPAKN Karawang.

Ditambahkan Cang Ronie, PPAKN Karawang di bawah kepemimpinan Adi Santoso ini telah membuktikan bahwa para penghobi ayam kontes di Karawang sangat antusias dan kompak dalam rangka melestarikan budaya asli daerah Karawang yang sudah terkenal sejak dulu.

“Sampai-sampai pada acara Poda Pemda Karawang pun menjadikan Ayam Ciparage dijadian sebagai Maskotnya,” tambah Cang Ronie.

Ketua PPAKN Karawang, Adi Santoso menambahkan, kontes ini merupakan sebuah acara kompetisi ayam petarung yang terbatasi secara ketat oleh waktu dan aturan main. Sehingga acara umum kompetisi ini hanya mengedepankan nilai keindahan serta kemampuan bertarung dari ayam seperti halnya sebuah aktivitas kompetisi bela diri ataupun kontes hewan-hewan yang lainnya.

Berbeda dengan kompetisi atau kontes hewan peliharaan pada umumnya, kegiatan turnamen ayam petarung memberikan tekanan yang lebih pada keinginan untuk membersihkan sebuah kegiatan kegemaran dari berbagai aktivitas perjudian yang marak di kalangan masyarakat.

“Karena bagi para penggemar ayam petarung, keindahan bentuk kegagahan dan seni bertarung tercermin dari ayam petarung kesayangan kami merupakan hal yang tak ternilai,” kata Adi.

Untuk itu, sambung sambung Adi, pihaknya mengaku berusaha keras untuk bisa mengadakan ajang kontes di Kabupaten Karawang, agar para penghuni ayam kontes di Karawang bisa menyalurkan hobinya di jalur yang benar.

“Untuk mendukung semua itu, tentunya kami sangat membutuhkan banyak dukungan dari pemerintahan daerah, pihak kepolisian maupun warga sekitar. Tak lupa dukungan juga dibutuhkan dari para penghobi ayam kontes di Karawang,” timpal Adi.

Untuk prestasi PPAKN Karawang di tingkat nasional ini, akhirnya PPAKN DPC Karawang ditunjuk langsung oleh DPP PPAKN untuk bisa menjadi tuan rumah dalam event nasional antar DPC se-indonesia season 2.

“Untuk season 2 rencana akan dilaksanakan di Januari 2020 mendatang,” tandas H. Ibrahim, Pembina & Penasehat PPAKN Karawang.(red)