Menteri Pertanian Lakukan Panen Raya di Karawang, Perkenalkan Bibit M70D

oleh -152 views
Setelah melakukan panen raya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ketua HKTI Moeldoko dan Wabup Jimmy sedang berbincang dengan salah seorang petani.

BaskomNews.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko melakukan simbolis panen raya di Desa Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang Jawa Barat, Kamis (7/11/2019).

Panen raya seluas 5 ribu meter ini diikuti langsung Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari, Kepala Dinas Pertanian Karawang Hanafi, Kapolres Karawang AKBP Nuredy Irwansyah Putra, Dandim 0604/Karawang Letkol Endang Sumardi, serta unsur Muspika setempat.

Dalam kesempatan panen raya kali ini dipamerkan produk bibit teranyar padi M70D atau Moeldoko 70 Day. Bibit hasil ciptaan riset pertanian Moeldoko ini diklaim bisa panen empat kali dalam setahun.

Bibit M70D ini diklaim bisa dipanen lebih cepat, yaitu dengan jangka waktu tanam setelah 70 hari, lebih cepat jika dibanding bibit padi pada umumnya yang mencapai usia 100 hari.

Bibit M70D ini juga diklaim bisa menghasilkan 8,8 ton dari satu hektare sawah. Kemudian, benih padi akan tahan terhadap hama, rasanya enak dan lebih cepat untuk dipanen.

“Jadi kalau hasil padinya bisa meningkat, menuju swasembada pangan bisa segera tercapai. Bahkan bukan hanya ketahanan pangan, bahkan kedaulatan pangan,” kata Moeldoko yang masih merupakan Staf Kepresidenan.

Di kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menuturkan, saat ini pemerintah terus mendorong berbagai riset pertanian semacam hasil riset bibit M70D ini. Ia juga memuji hasil riset bibit M70D yang membutuhkan waktu sampai empat tahun tersebut.

“Inilah perkembangan pertanian yang harus kita dorong, kehidupan pertanian lebih bagus,” katanya. (red)