Isak Tangis Warnai Pemulangan Jenazah TKI Sri Rahayu yang Meninggal di Malaysia

oleh -287 views
Jenazah Sri Rahayu setibanya di rumah duka.

BaskomNews.com – Isak tangis keluarga dan kerabat terdekat mewarnai pemulangan jenazah Sri Rahayu, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Malaysia asal Dusun Karajan B RT 005/002 Desa Jayakerta Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang Jawa Barat, Rabu (6/11/2019).

Jenazah Sri Rahayu tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 07.30 WIB,  dan tiba di rumah duka sekitar pulul 14.00 WIB. “Jenazah almarhum dijemput pakai ambulance. Kita menjemputnya bareng-bareng di bandara,” kata Junaedi, Kasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri dan Dalam Negeri Disknakertrans Karawang.

Dijelaskan Junaedi, setelah mendapatkan informasi melalui media sosial terkait meninggalnya PMI asal Jayakerta di Malaysia ini, Disnakertrans langsung menelusuri berkas identitas yang bersangkutan. Disnakertrans juga langsung berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan keluarga untuk memastikan kebenaran informasi yang beredar.

“Setelah ditelusuri kebenaran informasinya, ternyata benar. Kita juga langsung koordinasi dengan PT Ajubara yang memberangkatkan Sri Rahayu. Almarhum diberangkatkan 1 tahun lebih yang lalu, tapi baru bekerja dimajikan sekitar tiga bulan. Yang bersangkutan kabur dari majikannya,” papar Junaedi.

Selanjutnya, Disnakertrans Karawang juga berkoordinasi dengan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) dan PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia), serta pihak sponsor yang memberangkatkan Sri Rahayu ke Malaysia.

“Setelah memastikan kebenaran informasinya, PT Ajubara juga langsung mengurus administrasi pemulangan Sri Rahayu. Katanya PT Ajubara juga akan memberikan hak-haknnya, terutama asuransi dan gaji. Dan almarhum meninggal di sebuah taman,” tandas Junaedi.

Untuk diketahui, selain upaya pemulangan jenazah Sri Rahayu, Kepala Disnakertrans Karawang juga memberikan uang duka sebesar Rp 2,5 juta kepada keluarga almarhum. Sementara proses pemulangan jenazah, seluruh biaya akan ditanggung oleh pihak sponsor yang memberangkatkan Sri Rahayu. (red)

BACA SEBELUMNYA : Suroto Selidiki Kematian Sri Rahayu Usai Dugem di Malaysia