Sudah Sepekan Lebih Penemuan 11 Drum Limbah B3 Belum Diangkut

oleh -169 views
foto dok.

BaskomNews.com – Semenjak ditemukan pada Senin (1/10/2019) lalu, hampir sepekan lebih temuan 11 drum berisi limbah B3 yang diduga milik Pertamina di Kawasan Hutan Pagadungan, Desa Tamanmekar Kecamatan Pangkalan belum diangkut sampai saat ini.

Hal ini dikarenakan perlu transporter khusus dan berizin untuk mengangkut 11 drum berisi limbah B3 tersebut. “Perlu transporter yang berijin untuk mengangkut drum limbah B3 di Pangkalan itu. Kebetulan kami belum mempunyai transportasi khusus itu,” tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, Wawan Setiawan, Kamis (10/10/2019).

Adapun upaya yang sudah dilakukan DLHK untuk mengangkut 11 drum limbah B3 tersebut, Wawan mengaku sudah meminta bantuan kepada PT Tenang Jaya yang memiliki kendaraan pengangkut khusus limbah yang sudah berizin.

Wawan juga membenarkan adanya pembuangan limbah ilegal yang sengaja dibuang di kawasan hutan ini. “Kita betul sudah mengecek bersama-sama dengan Tipiter Polres Karawang. Kita masih berkomunikasi dengan pihak transporter,” katanya.

Disinggung soal apakah perusahaan yang membuang limbah itu adalah Pertamina, Wawan mengaku belum berani mengatakannya. Karena menurutnya tidak bisa sembarangan menyatakan bahwa 11 drum berisi limbah B3 tersebut milik Pertamina. Walaupun ada tanda identitas di drumnya menempel logo Pertamina.

“Kita belum bisa mendetek perusahaan yang buang limbah itu. Walaupun di drum tersebut ada lambang tertentu. Hal itu sedang dalam penanganan Tipiter Polres Karawang,” pungkasnya. (iql)

BACA SEBELUMNYA : 11 Drum Limbah B3 Diduga Milik Pertamina Dibuang di Kawasan Hutan Pangkalan