Bangunan Mahkota Regency Disidak Komisi II, karena Tutup Saluran Air Petani

oleh -604 views
Ketua Komisi II DPRD Karawang, Anggi Rostiana Tarmadi saat melakukan sidak Perumahan Mahkota Regency.

BaskomNews.com – Ketua Komisi II DPRD Karawang, Anggi Rostiana Tarmadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) bangunan Perumahan Mahkota Regency di Desa Karangjaya Kecamatan Tirtamulya, Kamis (10/10/2019). Pasalnya, bangunan perumahan tersebut dikeluhkan para petani, karena telah menutupi saluran air ke area pesawahan.

Perwakilan Pengembang Perumahan Mahkota Regency, Eman mengakui, jika saluran air sekunder yang seharusnya mengairi persawahan petani setempat tidak teraliri air, karena memang ditutup oleh pihaknya.

Akan tetapi Eman menjelaskan, kalau pengembang Perumahan Mahkota Regency sudah menyiapkan solusi alternative, yaitu dengan membuatkan saluran air dari induk irigasi sampai bisa mengalir ke sawah yang tertutup saluran air tersebut.

Mendengar penjelasan Eman, Ketua Komisi II DPRD Karawang pun menegaskan, agar pengembang Perumahan Mahkota Regency secepatnya merealisasikan solusi yang diwacanakannya itu.

“Apa yang dijelaskan Pak Eman terkait alternatif permasalahan ini tolong segera dibuatkan, agar petani yang ada di lingkungan perumahan tersebut bisa kembali beraktivitas sebagai petani,” tegasnya.

Pasalnya kata Anggi, petani juga mengeluh kalau sudah tidak melakukan cocok tanam padi selama satu musim panen. Hal itu karena terturupnya saluran air sekunder oleh pengembang perumahan.

“Karena sudah satu musim kegiatan usaha bertani tidak berjalan, ini dikarenakan saluran air yang mengalir ke persawahan sekitar tertutup oleh pihak pengembang Perum Mahkota Regency,” ujarnya.

Anggi juga menegaskan jika pihaknya akan terus memantau apa yang sudah dibilang oleh pihak pengembang Perumahan Mahkota Regency bersama Camat, Kepala Desa dan UPTD Kecamatan Tirtamulya.

“Seharusnya petani dan pengembang sama-sama tidak merasa dirugikan. Petani bisa menjalankan aktivitasnya sebagai petani, begitu pun dengan pengembang,” pungkas Anggi. (zay)