Kades Ngaku Terus Ingatkan BUMDes, DPMD akan Kroscek Anggaran 50 Juta Pengelolaan PKL

oleh -383 views
Kades Darim.

BaskomNews.com – Kepala Desa Rengasdengklok Selatan, Darim mengaku terus mengingatkan BUMDes untuk segera merealisasikan kegiatan pengelolan PKL di kawasan monumen Tugu Rengasdengklok yang sudah dibiayai oleh dana desa melalui penyertaan modal BUMDes sebesar 50 juta rupiah.

Pengakuannya itu dibuktikan oleh sudah dikeluarkannya surat teguran yang pihaknya berikan kepada BUMDes. “Kalau saya mah sudah menekankan untuk segera direalisasikan kepada Ketua Karang Taruna kepada Ketua BUMDes juga,” ujarnya, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Senin (7/10/2019).

Lebih lanjut Darim juga menjelaskan alasan kegiatan yang belum dilaksanakan, padahal anggaran sudah diberikan sejak 2018. Karena sebelumnya terhalang oleh adanya pasar malam yang diselenggarakan.

“Kalau kemaren saya nanya ke Ketua Karang Taruna mah katanya sebenarnya mau diselenggarakan bualan Oktober, kemarin karena ada pasar malam, jadi takut mengganggu. Makannya saya tunggu sampai akhir tahun anggaran berjalan kegiatan harus sudah selesai,” papar Darim.

Ditanya soal siapa yang saat ini memegang anggaran 50 juta, Darim menegaskan, anggaran itu dipegang oleh Karang Taruna, sesuai plot anggaran dari Desa tahun 2018 yang digelontorkan kepada BUMDes, lalu dari BUMDes ke Karang Taruna.

“Oh iya, sekarang di Karang Taruna-lah. Jadi gini, setelah pencairan dana desa kita kliringkan ke rekening BUMDes. Setelah masuk BUMDes, di sanalah kewenangan BUMDes mengalokasikan kemana-kemana saja anngaran digelontorkan,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, Agus Somantri mengaku akan segera turun mendalami persoalan yang terjadi di BUMDes Rengasdeklok Selatan dengan menggandeng pihak inspektorat.

“Nanti kita akan segera turun terlebih dahulu berkomunikasi dengan camat sebagai pembina, berkaitan dengan keberadaan anggaran itu kita juga akan kroscek berkoordinasi dengan inspektorat juga. Jika ada hal-hal di luar itu, ya kita akan tindaklanjuti sebagaimana mestinya,” tandasnya, Selasa (8/10/2019). (iql)

BACA SEBELUMNYA : Gibas Jaya Soroti Anggaran Kerjasama BUMDes-Karang Taruna Rengasdengklok Selatan