11 Drum Limbah B3 Diduga Milik Pertamina Dibuang di Kawasan Hutan Pangkalan

oleh -
foto dok.

BaskomNews.com – Sekitar 11 drum diduga berisi limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) milik PT Pertamina dibuang oleh oknum tidak bertanggungjawab di Kawasan Hutan Pagadungan, Desa Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang.

11 drum berisi limbah B3 ini terdapat logo PT Pertamina serta keterangan bahan kimia berbahaya. Penemuan ini pertama kali diketahui oleh warga. Karena pada Senin (1/10/2019), sekitar pukul 01.00 WIB, warga melihat ada truk dengan muatan yang cukup banyak masuk ke dalam hutan.

Warga semakin curiga, karena 11 drum berisi limbah B3 ini mengeluarkan bau menyengat. Atas temuan warga ini, Rabu (2/10/2019), Ketua Lodaya Nace Permana bersama kepala desa mengecek keberadaan 11 drum berisi limbah B3 ini.

Di lokasi, Nace Permana menjelaskan, 11 drum limbah B3 ini harus segera dievakuasi, karena sangat berbahaya bagi binatang atau ekosistem. Ditegaskannya, 11 drum limbah B3 ini mengeluarkan bau sangat menyengat.

“Semuanya ada 11 drum. Tapi kami sedang menyisir lagi, takut masih ada di tempat lain. Sebelumnya ini tidak pernah terjadi. Karena di sini memang bukan tempatnya membuang limbah,” kata Nace Permana.

Kades Tamanmekar, Atu Suryana menjelaskan, penemuan 11 drum berisi limbah B3 ini ditemukan warganya. Pihak pemerintah desa meminta agar dinas terkait segera mengevakuasi limbah B3 ini.

“Warga kami yang menginformasikan. Mohon cepat penanganannya, karena baunya menyengat sekali. Takutnya di sini banyak ternak sapi, bukan tempatnya membuang limbah,” tandasnya.(red)